Tergabung dalam Panitia Sembilan, Ini 9 Tokoh Perumus Isi Pancasila

By Amirul Nisa, Selasa, 16 Agustus 2022 | 15:00 WIB
Perumusan Pancasila dilakukan oleh beberapa tokoh yang tergabung dalam Pantia Sembilan. (@sketchifyindonesia via Canva.com)

Bobo.id - Panitia Sembilan merupakan sebuah kepanitian kecil yang dibentuk pada sidang pertama dari BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia), yang juga merupakan materi PPKN pada Kurikulum Merdeka kelas 1 SMP.

Sidang pertama BPUPKI terjadi pada 29 Mei hingga 1 Juni 1945, dengan salah satu hasilnya adalah pembentukan Panitia Sembilan.

Seperti namanya, Panitia Sembilan ini terdiri dari sembilan tokoh terkenal di Indonesia yang ditetapkan pada 22 Juni 1945.

Pembentukan Panitia Sembilan ini merupakan salah satu cara untuk menjalankan tugas BPUPKI untuk merumuskan berbagai hal, termasuk bentuk negara serta dasar filsadah negara.

Panitia Sembilan pun dibentuk dengan tugas membentuk dasar negara.

Kepanitiaan itu kemudian dibentuk dan diketuai oleh Soekarno dengan Mohammad Hatta sebagai wakilnya.

Selain dua tokoh itu, masih ada tujuh tokoh penting lain yang berperan pada proses pembentukan Pancasila sebagai dasar negara.

Anggota Panitia Sembilan

1. Soekarno

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Soekarno pada Panitia Sembilan menjabat sebagai ketua panitia untuk merumuskan Pancasila.

Selain sebagai ketua, presiden pertama Indonesia ini juga berperan dalam memberikan usulan susunan dasar negara.

Baca Juga: Mengenal Nilai-Niai Pancasila pada Masa Sejarah Awal