Contoh Teks MC Upacara 17 Agustus: Persiapan hingga Penutup

By Amirul Nisa, Selasa, 16 Agustus 2022 | 12:58 WIB
Contoh teks pembawa acara atau MC pada Upacara Bendera Hari Kemerdekaan Indonesia. (PIXABAY/mufidpwt)

Bobo.id - Menjelang Upacara 17 Agustus untuk peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia, berikut akan diberikan contoh teks MC (Master of Ceremony) atau pembaca acara.

Pada Hari Kemerdekaan Indonesia, sebuah acara yang wajib dilakukan adalah upacara bendera. Upacara ini dilakukan di setiap instansi pemerintah, pemerintah pusat hingga daerah, dan di setiap sekolah.

Pelaksanaan upacara bendera merupakan hal yang penting, karena menjadi salah satu cara untuk menanamkan kesadaran berbangsa dan bernegara serta bentuk cinta tanah air.

Kerana pentingnya upacara bendera, kegiatan ini sudah diatur dalam Peratuan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 22 Tahun 2018.

Pada permendikbud tersebut dijelaskan bahwa upacara bendera juga menjadi ajang untuk berlatih menanamkan sikap disiplin, kerja sama, rasa percaya diri, dan juga tanggung jawab.

Aturan tersebut bukan hanya ditujukan untuk upacara bendera pada Hari Kemerdekaan, namun berbagai acara yang memerlukan upacara bendera.

Upacara bendera biasa dilakukan pada pagi hari setiap peringatan Hari Kemerdekaan Bangsa Indonesia, setiap hari Senin, dan juga hari besar nasional.

Hari besar nasional menurut Permendikbud ada beberapa, yaitu:

- Hari Pendidikan Nasional pada tanggal 2 Mei

- Hari Kebangkitan Nasional pada 20 Mei

- Hari Lahirnya Pancasila pada 1 Juni

Baca Juga: Perbedaan Susunan Upacara 17 Agustus dengan Upacara Hari Senin, Apa Saja?