Menjawab Pertanyaan dari Teks 'Mencangkok Tanaman', Materi Kelas 3 SD Tema 1

By Amirul Nisa, Senin, 29 Agustus 2022 | 12:15 WIB
Pohon apel salah satu tumbuhan yang bisa dikembangbiakan dengan cara mencangkok. (freepik)

Bobo.id - Tumbuhan memiliki beberapa cara berkembang biak, yang salah satunya adalah dicangkok, seperti teks pada materi kelas 3 SD tema 1.

Pada teks tersebut, teman-teman akan dijelaskan seputar cara tumbuhan berkembang biak, baik secara alami atau buatan.

Perkembangbiakan tumbuhan dibagi menjadi dua jenis, yaitu generatif dan vegetatif.

Perkembangbiakan generatif ini dilakukan dengan cara seksual, sedangkan vegetatif adalah perkembangbiakan aseksual yang dilakukan tumbuhan.

Pada jenis perkembangbiakan vegetatif masih dibagi menjadi dua, yaitu alami dan juga buatan.

Kali ini, teman-teman akan belajar salah satu cara perkembangbiakan vegetatif buatan yang melalui teks bacaan berikut ini.

Mencangkok Tanaman

Perkembangbiakan dapat melalui tunas dan umbi. Beberapa jenis tanaman juga dapat dikembangbiakkan dengan perkembangbiakan buatan.

Perkembangbiakan buatan adalah perkembangbiakan tanaman dengan bantuan manusia. Perkembangbiakan buatan di antaranya dengan mencangkok, stek, dan menempel.

Mencangkok tanaman adalah cara paling murah dan mudah untuk mengembangbiakkan tanaman. Keuntungan mencangkok adalah tanaman tumbuh lebih cepat dari biasanya. Mutu tanaman biasanya lebih baik dari tanaman induknya.

Kekurangan tanaman hasil cangkokan adalah lebih mudah roboh. Tanaman yang berasal dari perkembangbiakkan dengan biji biasanya kebih kuat. Akar tanaman hasil mencangkok lebih rapuh.

Baca Juga: Mengenal Proses Perkembangbiakan Spora, Materi Kelas 3 SD Tema 1