Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD/MI, Apa Hubungannya Bhinneka Tunggal Ika dengan Rasa Cinta Tanah Air?

By Thea Arnaiz, Selasa, 30 Agustus 2022 | 10:00 WIB
Kunci jawaban materi kelas 6 SD/MI, tema globalisasi, penjelasan hubungan semboyan negara Bhinneka Tunggal Ika dengan rasa cinta tanah air. (Foto oleh MART PRODUCTION/pexels)

 

Bobo.id - Apa yang dimaksud dengan cinta tanah air? Sebagai warga negara, salah satu kewajiban kita adalah cinta tanah air.

Sehingga, ada rasa ingin mengabdi, memelihara, membela, dan melindungi tanah air.

Untuk menyadarkan seluruh warga Indonesia akan artinya cinta tanah air kita membutuhkan alat, yaitu semboyan negara Bhinneka Tunggal Ika.

Arti semboyan ini mempunyai makna penting, yang akan dibahas pada pelajaran tematik kelas 6 SD/MI tema globalisasi, subtema 3 globalisasi dan cinta tanah air.

Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), materinya adalah rasa cinta tanah air, tepatnya halaman 82.

Namun, sebelum mengerjakan soal latihan dan menemukan kunci jawabannya, teman-teman dapat menyimak materinya secara singkat terlebih dahulu.

Cinta tanah air adalah perasaan yang timbul dari dalam hati seseorang untuk berkorban segalanya untuk tanah air, agar terhindar dari ancaman serta gangguan.

Meningkatkan rasa cinta tanah air dapat dilakukan dengan menggunakan bahasa Indonesia, menghormati simbol-simbol negara, tidak melanggar hukum, menggunakan produk dalam negeri, dan menjaga toleransi. 

Untuk mengetahui lebih lanjut, kerjakanlah soalnya yang ada di buku. Apakah teman-teman sudah selesai mengerjakan soal-soalnya?

Kalau sudah, coba cocokkan dengan kunci jawaban di bawah ini, ya. 

Lambang negara Indonesia adalah garuda yang mencengkeram pita bertuliskan Bhinneka Tunggal Ika. Apakah hubungannya dengan rasa cinta tanah air? 

Baca Juga: Contoh Dialog Expressing Attention Bahasa Inggris Beserta Artinya