Mengenal Berbagai Cara Nonfisik Memperjuangkan Persatuan dan Kesatuan Indonesia

By Amirul Nisa, Jumat, 2 September 2022 | 09:45 WIB
Berbagai cara nonfisik yang dilakukan para pahlawan untuk memunculkan persatuan dan kesatuan di Indonesia. (PIXABAY/Bob_Dmyt)

Bobo.id - Dalam memperjuangkan persatuan dan kesatuan Indonesia ada banyak cara yang dilakukan.

Pada materi PPKN kurikulum merdeka kelas VII SMP dijelaskan ada dua cara yang dilakukan untuk memperjuangkan persatuan dan kesatuan Indonesia, yaitu cara fisik dan nonfisik.

Untuk memperjuangkan persatuan dan kesatuan hingga mendapatkan kemerdekaan para pahlawan melakukan banyak cara dari berperang hingga perjuangan diplomatis dan banyak cara lain.

Kali ini akan dijelaskan berbagai perjuangan nonfisik yang dilakukan oleh para pahlawan untuk mendapatkan persatuan dan kesatuan Indonesia.

Berikut akan dijelaskan perjuangan nonfisik yang dilakukan oleh para pejuang pada zaman dahulu hingga masa kebangkitan nasional.

Perjuangan Nonfisik untuk Persatuan dan Kesatuan Indonesia

1. Gerakan Politik

Perjuangan nonfisik pertama yang sangat terlihat saat zaman penjajahan hingga kebangkitan nasional adalah melalui gerakan politik.

Ada banyak gerakan politik yang dilakukan seperti terbentuknya organisasi Budi Utomo pada tahun 1908.

Organisasi itu menjadi pelopor gerakan kebangsaan Indonesia , bahkan hari kelahirannya pada 20 Mei diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional.

Organisasi Budi Utomo adalah organisasi yang didirikan oleh Dr. Sutomo dan para mahasiswa STOVIA di Batavia.

Baca Juga: Penjelasan Lengkap 4 Perkembangan Bentuk Demokrasi Indonesia dan Karakteristiknya