Bagaimana Kongres Pemuda II Diselenggarakan, sebagai Lahirnya Sumpah Pemuda?

By Thea Arnaiz, Senin, 5 September 2022 | 11:30 WIB
Kunci jawaban materi PPKn kelas 8 SMP, proses berjalannya Kongres Pemuda II di Jakarta yang menjadi lahirnya Sumpah Pemuda. (RODNAE Productions/pexels)

 

Bobo.id - Salah satu gedung bersejarah di Indonesia adalah gedung yang sekarang dijadikan Museum Sumpah Pemuda.

Museum ini terletak di Jalan Kramat Raya No. 106, Jakarta Pusat.

Dulunya, di gedung ini para pemuda dari berbagai macam daerah di Indonesia berkumpul dan berdiskusi tentang apa saja, terutama memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Karena itulah, tempat ini dipilih untuk merancang Kongres Pemuda II. Lalu, bagaimana pelaksanaan Kongres Pemuda II pada saat itu, ya?

Hal ini akan teman-teman ketahui dalam pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) kelas 8 SMP kurikulum merdeka, bab 4: kebangkitan nasional dan sumpah pemuda.

Materinya adalah Kongres Pemuda II, tepatnya halaman 72. Nantinya kita akan mengerjakan soal dan menemukan kunci jawabannya.

Namun, sebelum menemukan kunci jawabannya, teman-teman dapat menyimak materinya secara singkat terlebih dahulu.

Pada 15 Agustus 1928, gedung Museum Sumpah Pemuda yang dulunya adalah rumah singgah, dijadikan tempat untuk merancang Kongres Pemuda II.

Para pelajar yang menghuni antara lain, Mohammad Yamin, Amir Syarifudin, Surjadi, Sunarko, Kuncoro Purbopranoto, dan Mohammad Amir.

Karena sejarahnya itulah, gedung ini dipugar dan dijadikan museum dan saat ini dikelola oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Untuk mengetahui lebih lanjut, kerjakanlah soalnya yang ada di buku. Apakah teman-teman sudah selesai mengerjakan soal-soalnya?

Baca Juga: Cara Mudah Menghitung Skala Peta, Lengkap dengan Rumus dan Contoh Perhitungannya