Jenis Bentuk Muka Bumi di Indonesia, Materi Kelas 4 SD Tema 3

By Grace Eirin, Rabu, 21 September 2022 | 07:30 WIB
Bentuk muka bumi di Indonesia terdiri dari dataran tinggi dan rendah, perbukitan, pegunungan, pantai, danau, laut, sungai, dan sebagainya. (Pexels/Tom Fisk)

Bobo.id - Keragaman bentuk muka bumi di Indonesia merupakan salah satu bentuk kondisi alam yang menguntungkan masyarakatnya

Hal ini terjadi karena ada banyak jenis pertanian dan perkebunan yang hidup subur di iklim Indonesia dan hewan yang beradaptasi dengan baik. 

Tumbuhan dan hewan ini nantinya akan memberikan banyak manfaat bagi penduduk Indonesia, baik sebagai bahan konsumsi atau keperluan lainnya. 

Nah, pada pelajaran tematik kelas 4 SD tema 3, kamu harus menyebutkan apa saja jenis bentuk muka bumi di Indonesia. 

Yuk, temukan kunci jawaban pertanyaan tersebut dari penjelasan lengkap berikut ini!

Jenis Bentuk Muka Bumi Indonesia

Keadaan bentuk muka bumi disebut keadaan fisiografis. Fisiografis adalah cabang ilmu geografi yang mempelajari suatu wilayah daerah berdasarkan segi fisiknya. 

Di negara Indonesia, keadaan fisiografis meliputi dataran rendah, dataran tinggi, bukit, gunung, pegunungan, pantai, danau, dan sebagainya. Simak karakteristiknya di bawah ini. 

1. Dataran Rendah 

Dataran rendah adalah bagian dari permukaan bumi yang terletak pada ketinggian 0 sampai 200 meter di atas permukaan laut.

Lahan tanah yang berada di wilayah dataran rendah juga memiliki kesuburan yang cocok digunakan untuk pertanian. 

Baca Juga: Faktor dari Dalam yang Memengaruhi Pertumbuhan Tanaman, Materi Kelas 4 SD Tema 3