Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD/MI, Bagaimana Cara untuk Menentukan Arah Magnet?

By Thea Arnaiz, Selasa, 27 September 2022 | 12:00 WIB
Kunci jawaban materi kelas 6 SD/MI, tema wirausaha, mengetahui cara menentukan arah medan magnet dengan benar. (Pixabay)

Bobo.id - Membuat magnet dengan cara dialiri listrik atau elektromagnetik, bisa dilakukan pada benda paramagnetik dan feromagnetik.

Hasilnya, benda tersebut mendapatkan sifat-sifat kemagnetan. Mulai dari tarik-menarik, tolak-menolak, menunjukkan arah, hingga punya kutub utara dan kutub selatan di kedua ujungnya.

Pembahasan tentang proses pembuatan magnet akan dibahas dalam pelajaran tematik kelas 6 SD/MI, Tema Wirausaha, Subtema 3: Belajar Berwirausaha.

Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), materinya adalah Cara Membuat Magnet, tepatnya halaman 159.

Namun, sebelum mengerjakan soal latihan dan menemukan kunci jawabannya, teman-teman dapat menyimak materinya secara singkat terlebih dahulu. 

Magnet dibuat dengan cara menggosok, menginduksi, dan dialiri arus listrik.

Ketika membuat magnet dengan cara dialiri arus listrik, kita harus melilit baja atau besi menggunakan kumparan kawat yang dialiri listrik.

Namun, pembuatan magnet dengan cara ini hanya sementara dan bisa hilang sifat kemagnetannya jika diguncang, dijatuhkan, dipukul, atau dipanaskan.

Untuk mengetahui lebih lanjut, kerjakanlah soalnya yang ada di buku. Apakah teman-teman sudah selesai mengerjakan soal-soalnya?

Kalau sudah, coba cocokkan dengan kunci jawaban di bawah ini, ya. 

Baca Juga: Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD/MI, Apa yang Akan Terjadi Apabila Magnet Dipotong Menjadi Dua?

Bagaimanakah cara untuk menentukan arah magnet?