20 Link Twibbon Hari Kesaktian Pancasila Terbaru Tahun 2022

By Niken Bestari, Sabtu, 1 Oktober 2022 | 12:00 WIB
Hari Kesaktian Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Oktober. (Freepik)

Bobo.id - Teman-teman mencari link Twibbon Hari Kesaktian Pancasila terbaru?

Berikut ini adalah link Twibbon Hari Kesaktian Pancasila terbaru, namun sebelum itu, kita pahami latar belakang sejarah Hari Kesaktian Pancasila, yuk!

Tanggal 1 Oktober adalah peringatan Hari Kesaktian Pancasila. Penetapan peringatan tersebut tercantum dalam Surat Keputusan Menteri atau Panglima Angkatan Darat Jenderal Soeharto pada 17 September 1966 lalu.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila juga digunakan untuk mengingat Pancasila sebagai ideologi negara dan bangsa Indonesia tidak bisa digantikan oleh ideologi yang lain.

Alasan dari dipilihnya 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila tidak lepas dari peristiwa pada hari sebelumnya, yaitu 30 September.

Pada 30 September 1965, terjadi peristiwa G30SPKI yang merupakan pengkhianatan Partai Komunis Indonesia terhadap bangsa Indonesia.

Mereka ingin mengubah ideologi Pancasila menjadi ideologi komunis yang bertentangan dengan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia.

Sayangnya, akibat peristiwa itu, gugur 7 Pahlawan Revolusi dalam usaha mereka mempertahankan Pancasila.

Pemimpin PKI pun diadili dan dijatuhi hukuman, serta PKI dibubarkan. Dengan begitu, Pancasila tetap bertahan menjadi ideologi bangsa Indonesia yang tidak bisa diubah.

Nah, dari latar belakang sejarah inilah, kita juga harus meneladani sikap patriot Pahlawan Revolusi dan bangga dengan ideologi Pancasila.

Untuk merayakan peringatan Hari Kesaktian Pancasila, teman-teman bisa memasang foto Twibbon di link berikut ini.

Baca Juga: Pembahasan Soal Materi Sejarah G30SPKI dan Hari Kesaktian Pancasila