Tema Hari Guru Sedunia 2022 Menurut UNESCO, Apa Bunyi dan Maknanya?

By Grace Eirin, Selasa, 4 Oktober 2022 | 14:30 WIB
Tema Hari Guru Sedunia tahun 2022 yaitu (Freepik)

Bobo.id - Pada peringatan Hari Guru Sedunia tahun 2022 ini, UNESCO mengambil tema "The transformation of education begins with teachers".

Dalam bahasa Indonesia, tema tersebut diterjemahkan menjadi "Transformasi pendidikan dimulai dari guru". 

Hari Guru Sedunia diadakan setiap tahun pada tanggal 5 Oktober sejak 1994, untuk merayakan peran semua guru di seluruh dunia. 

Tanggal tersebut juga memperingati ulang tahun adopsi Rekomendasi ILO/UNESCO 1966 tentang Status Guru. 

Rekomendasi ILO/UNESCO 1966 menetapkan tolok ukur mengenai hak dan tanggung jawab guru, standar untuk persiapan awal dan pendidikan lebih lanjut, rekrutmen, pekerjaan, dan kondisi belajar-mengajar. 

Peringatan Hari Guru Sedunia tahun 2022 merayakan bagaimana guru mengubah pendidikan tetapi juga merefleksikan dukungan bagi mereka yang membutuhkan.

Hari Guru Sedunia diselenggarakan bersama dalam kemitraan dengan International Labor Organization (ILO) dan Education International (EI). 

Lalu, apa makna dari tema peringatan Hari Guru Sedunia tahun 2022 tersebut? Yuk, cari tahu!

Makna Tema Hari Guru Sedunia 2022

Dilansir dari laman resmi UNESCO, tema Hari Guru Sedunia tahun 2022 akan membahas komitmen dan seruan untuk Transforming Education Summit pada September 2022.

Transforming Education Summit (TES) diselenggarakan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Kota New York, Amerika Serikat (AS) pada tanggal 16-19 September 2022.

Transforming Education Summit adalah forum inisiatif internasional yang bertujuan untuk melakukan rencana dan memberi solusi terhadap tantangan pendidikan. 

Baca Juga: Mengapa Kita Harus Menghargai Guru di Sekolah? Para Pelajar Wajib Tahu