Tiga Macam Sendi: Diartrosis, Amfiartrosis, Sinartrosis Serta Contoh Letaknya di Tubuh

By Niken Bestari, Minggu, 16 Oktober 2022 | 11:30 WIB
Macam-macam sendi, yakni sendi diartrosis, amfiartrosis, sinartrosis dan contoh letaknya pada tubuh kita? (Freepik)

 

Bobo.id - Tulang dan otot adalah alat gerak manusia yang sangat penting. Selain itu, sendi juga tak kalah penting sebagai pendukung alat gerak supaya kita bisa beraktivitas dengan mudah, lo.

Secara umum, sendi adalah bagian yang menghubungkan tulang dan membantu tubuh bergerak, yang berjumlah setidaknya 250 hingga 350 sendi di tubuh kita.

Sendi juga terbagi menjadi tiga macam, yakni sendi diartrosis (sendi gerak), sendi amfiartrosis (sendi kaku), dan sendi sinartrosis (sendi mati).

Selain menjadi penghubung tulang, sendi juga berfungsi untuk keluwesan gerakan tubuh (fleksibilitas) dan pergerakan pada tempatnya, serta poros gerak.

Sendi juga sama pentingnya dengan tulang dan otot. Tanpa adanya sendi, tubuh kita tidak bisa bergerak, teman-teman.

Yuk, kita ketahui macam-macam sendi serta contoh letaknya di tubuh kita!

A. Sendi Diartrosis (Sendi Gerak)

Sendi gerak atau diartrosis adalah sendi yang menghubungkan antar tulang dan memungkinkan terjadinya gerak, baik gerak satu arah, dua arah, maupun ke segala arah.

Pada sendi diartrosis, bagian ujung tulang yang terhubung dilapisi oleh tulang rawan. Tulang rawan ini berfungsi mencegah benturan antar tulang yang saling terhubung. Jadi, sendi diartrosis bisa digerakkan dengan bebas.

Sendi diartrosis juga mengandung cairan sinovial yang berfungsi sebagai pelumas sendi agar tidak kaku.

Sendi diartrosis atau sendi gerak dibagi menjadi beberapa macam sendi. Beberapa macam sendi ini dikelompokkan berdasarkan arah pergerakannya, yaitu:

Baca Juga: Atur Posisi Duduk yang Benar, Ini 6 Cara Menjaga Kesehatan Lutut agar Tetap Kuat