Cari Jawaban Kelas 4 SD Tema 4, Contoh Tindakan yang Sesuai dengan Sila Ketiga Pancasila

By Grace Eirin, Kamis, 20 Oktober 2022 | 07:00 WIB
Contoh tindakan yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila. (freepik)

Bobo.id - Sebagai pandangan hidup bangsa, Pancasila digunakan untuk pedoman sikap masyarakat Indonesia. 

Artinya, masyarakat Indonesia harus selalu menjiwai nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat. Nilai-nilai tersebut sesuai dengan kelima bunyi Pancasila. 

Selain itu, Pancasila juga digunakan sebagai pandang hidup bangsa yang mengatur sikap masyarakat, maka Pancasila berpengaruh membangun karakter bangsa. 

Nilai-nilai luhur Pancasila yang dilaksanakan ini dapat berdampak positif untuk kehidupan dan hubungan sosial antara warga yang satu dengan yang lain.

Pada pelajaran tematik kelas 4 SD tema 4, kamu harus menyebutkan contoh tindakan yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila.

Yuk, temukan kunci jawaban pertanyaan tersebut dari penjelasan berikut!

Makna Sila Kedua Pancasila

Sila ketiga Pancasila yang berbunyi "Persatuan Indonesia" memiliki simbol bergambar pohon beringin. 

Makna pohon beringin ini adalah bangsa Indonesia menjadi tempat berteduh seluruh masyarakat Indonesia, dan mencerminkan persatuan dan kesatuan Indonesia. 

Sila ketiga Pancasila dijadikan pedoman bangsa Indonesia untuk mengutamakan kepentingan persatuan bangsa daripada kepentingan individu. 

Sila ketiga juga berfungsi sebagai dasar dan pengingat bangsa Indonesia untuk menjaga kesatuan dan persatuan Indonesia di tengah budaya modern. 

Baca Juga: Cari Jawaban Kelas 4 SD Tema 4, Contoh Tindakan yang Sesuai dengan Sila Kedua Pancasila