Berbagai Kewajiban dan Hak dalam Berpakaian, Materi Kelas 3 SD Tema 4

By Amirul Nisa, Kamis, 20 Oktober 2022 | 08:15 WIB
Setiap orang memiliki kewajiban dan hak untuk berpakaian. (freepik)

Bobo.id - Setiap orang tentu akan memiliki kewajiban dan hak dalam berbagai hal seperti penjelasan materi kelas 3 SD tema 4.

Pada materi kali ini, teman-teman akan dikenalkan tentang hak dan kewajiban dalam berpakaian.

Memiliki pakaian memang menjadi hak bagi semua orang, namun hak tersebut akan diikuti dengan kewajiban tentunya.

Tapi sebelum mengenal tentang kewajiban dan juga hak dalam berpakaian, teman-teman perlu memahami tentang dua hal tersebut.

Pengertian Kewajiban dan Hak

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kewajiban merupakan sesuatu yang diwajibkan atau sesuatu yang harus dilaksanakan.

Sedangkan hak adalah bentuk dari kewenangan, suatu kekuasaan yang memungkinkan seorang individu untuk berbuat atas dasar undang-undang, serta kekuasaan yang mutlak berdasarkan dari fungsinya.

Selain itu, menurut pendapat ahli, seperti John Salmond, kewajiban adalah suatu hal yang harus dikerjakan oleh seseorang dan jika tidak dilakukan akan memperoleh sanksi.

Sehingga kewajiban merupakan suatu tugas bisa dituntut secara paksa oleh pihak yang berkepentingan untuk segara dilakukan.

Sedangkan hak menurut para ahli, seperti Prof. R. M. T. Sukamto Notonagoro menyebut hak sebagai sebuah wewenang saat seorang individu memiliki otoritas untuk menerima atau melakukan suatu hal yang diinginkannya.

Bahkan hak juga disebut sebagai sesuatu yang memang harus diterima atau dilakukan oleh individu tersebut.

Baca Juga: Teknik-Teknik Menggiring Bola dalam Permainan Sepak Bola, Materi Kelas 3 SD Tema 3