Apakah Hubungan antara Frekuensi Pernapasan dengan Aktivitas Seseorang?

By Thea Arnaiz, Jumat, 21 Oktober 2022 | 15:30 WIB
Kunci jawaban materi IPAS kelas 5 SD, Kurikulum Merdeka, hubungan frekuensi pernapasan dengan aktivitas yang dilakukan oleh manusia dalam kegiatan sehari-harinya. (freepik)

 

Bobo.id - Mekanisme pernapasan manusia adalah dari menarik menapas, oksigen dan karbon dioksida bertukar di dalam pembuluh kapiler, dan membuang napas.

Bernapas penting bagi manusia untuk memenuhi kebutuhan oksigen dalam tubuh dan membuang limbah, yaitu karbon dioksida.

Oleh karena itu pastikan organ pernapasan tetap terjaga kesehatannya.

Pembahasan tentang bernapas akan dipelajari pada pelajaran Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) kelas 5 SD, Kurikulum Merdeka, Bab V: Bagaimana Kita Hidup dan Bertumbuh.

Tepatnya, topik Bagaimana Bernapas Membantuku Melakukan Aktivitas Sehari-hari? Halaman 135.

Nantinya, kita akan mengerjakan soal latihan dan mencari tahu apa kunci jawabannya, namun sebelumnya simak dulu materinya berikut ini.

Aktivitas bernapas sudah terjadi secara otomatis, karena otak langsung menerima sinyal dari sel-sel tubuh yang kekurangan oksigen.

Nantinya, otak akan mengaktifkan paru-paru dan organ pernapasan lainnya untuk bernapas agar bisa mengambil oksigen dari udara.

Untuk mengetahui lebih lanjut, kerjakanlah soalnya yang ada di buku. Apakah teman-teman sudah selesai mengerjakan soal-soalnya?

Kalau sudah, coba cocokkan dengan kunci jawaban di bawah ini, ya. 

Apakah hubungan antara frekuensi pernapasan dengan aktivitas seseorang? 

Baca Juga: Bagaimana Proses Bernapas pada Manusia? Materi IPAS Kelas 5 SD