Kerajaan Kutai Martadipura: Gerbang Masa Sejarah Nusantara, Materi IPS

By Fransiska Viola Gina, Minggu, 23 Oktober 2022 | 09:15 WIB
Sejarah Kerajaan Kutai Martadipura. (PIXABAY/shimulnath)

Bobo.id - Pada materi Ilmu Pengetahuan Sosial Kurikulum Merdeka kelas 7 SMP, kita akan belajar tentang aktivitas masyarakat Hindu-Buddha.

Aktivitas kehidupan masyarakat pada masa Hindu-Buddha dipengaruhi oleh beberapa kerajaan, salah satunya Kerajaan Kutai Martadipura. 

Kerajaan Kutai Martapura merupakan kerajaan Hindu tertua di Indonesia yang didirikan sekitar abad ke-4 dan merupakan kerajaan tertua di Nusantara.

Kerajaan Kutai terletak di Kalimantan Timur, di tepi Sungai Mahakam dan dibuktikan dengan ditemukannya tujuh buah prasasti berbentuk Yupa. 

Prasasti Yupa bertuliskan huruf Pallawa dengan bahasa Sansekerta. Huruf Pallawa ini diidentifikasi bentuk dan jenisnya berasal sekitar tahun 400 M.

Berikut ini Bobo akan memberikan penjelasan lengkap tentang sejarah kerajaan Kutai Martadipura. Simak, yuk!

Berdirinya Kerajaan Kutai

Sejarah Kerajaan Kutai diawali dengan datangnya pengaruh kebudayaan India, terutama kebudayaan Hindu ke Nusantara. 

Meski Kutai tidak terletak dalam jalur perdagangan internasional, tetapi hubungan dagangnya dengan India telah berkembang sejak awal. 

Masuknya kebudayaan Hindu menyebabkan Kutai yang semula merupakan kelompok masyarakat yang berbentuk suku berubah sistem pemerintahannya.

Ini artinya, kepala pemerintahan yang semula seorang kepala suku berubah menjadi seorang raja, teman-teman. 

Baca Juga: Bagaimana Pengaruh Kebudayaan Hindu-Buddha pada Sistem Keagamaan, Pemerintahan, Sosial, Ekonomi, dan Seni Budaya?