Perbedaan Seinendan dan Keibodan, 2 Organisasi di Indonesia yang Dibentuk Jepang

By Thea Arnaiz, Senin, 24 Oktober 2022 | 16:45 WIB
Mengetahui organisasi militer dan semimiliter bentukan Jepang, yaitu Seinendan dan Keibodan. (Polina Tankilevitch/pexels)

Bobo.id - Meraih kemerdekaan Indonesia tidaklah mudah, setelah lepas dari Belanda negara kita ganti dijajah oleh Jepang.

Meskipun hanya sebentar, banyak perubahan yang dilakukan oleh Jepang, misalnya dengan membentuk berbagai macam organisasi baik militer, semi militer, dan nonmiliter.

Kali ini teman-teman akan mengetahui organisasi militer dan semi militer yaitu Seinendan dan Keibodan. Berikut, penjelasan keduanya yang bisa kita simak. 

Apa Itu Seinendan? 

Seinendan adalah organisasi barisan pemuda yang dibentuk saat pendudukan Jepang, pada 9 Maret 1943.

Tujuannya dibentuknya Seinendan adalah untuk mendidik dan melatih para pemuda agar dapat mempertahankan keamanan Indonesia.

Selain itu, pembentukan Seinendan juga bertujuan untuk mempersiapkan para pemuda jika suatu hari nanti tersedak oleh sekutu.

Sebab, saat itu Perang Pasifik sedang berlangsung dan militer Jepang sedang bertempur melawan negara-negara Amerika Serikat, Prancis, Inggris, Tiongkok, dan Uni Soviet.

Jadi, jika kondisi Jepang sudah terdesak anggota Seinendan dapat menjadi tentara cadangan dan mendukung untuk melawan sekutu.

Pemuda yang direkrut menjadi Seinendan umumnya berusia sekitar 14 hingga 22 tahun.

Menurut catatan, total anggota seinandan awalnya 3.500 pemuda di Jawa dan berkembang menjadi 500.00 orang.

Baca Juga: Cari Jawaban Materi Kelas 6 SD/MI, Apa Saja 5 Macam Organisasi Internasional?