Ternyata Sakit Kepala Tidak Terjadi di Otak, Ini Penjelasan Ilmiahnya

By Grace Eirin, Senin, 24 Oktober 2022 | 17:30 WIB
Otak tidak bisa merasakan sakit, sehingga pusat rasa sakit saat pusing bukanlah di otak. (Photo by Yan Krukov via Pexels)

Bobo.id - Teman-teman, pernahkah kamu merasakan sakit kepala atau pusing? 

Sakit kepala merupakan gangguan kesehatan yang dapat terjadi pada semua usia. Penyebab dan bagian yang sakit juga beragam. 

Namun, tahukah kamu bahwa pusat sakit kepala sebenarnya bukan di otak, lo. Sebab, otak kita tidak bisa merasakan sakit, teman-teman. 

Otak kita memang punya 100 miliar neuron untuk menggerakkan informasi pada sinyal saraf dengan kecepatan mencapai 400 kilometer per jam. 

Akan tetapi, kecepatan cara berpikir tidak akan menyebabkan otak kita merasakan sakit. 

Lalu, di manakah letak pusat sakit yang kita rasakan saat sakit kepala terjadi? Nah, kali ini Bobo akan mengajakmu mencari tahu fakta sakit kepala dan jenis-jenisnya. 

Bagian yang Merasakan Sakit Kepala

Dilansir dari Science Focus, kita bisa merasakan sakit karena serabut saraf sensorik bernama nosiseptor sedang aktif. 

Namun, faktanya nosiseptor ini tidak berada di otak kita, melainkan terdapat pada kulit, persendian, dan beberapa organ dalam. 

Saat kita merasa sakit kepala, meninges (lapisan penutup otak), jaringan saraf, pembuluh darah, dan otot leher dapat merasakannya. 

Setelah dirangsang oleh rasa tidak nyaman, nosiseptor mengirimkan sinyal menuju sel-sel saraf di otak, untuk memberi tahu bahwa ada bagian tubuh kita yang merasa sakit.

Baca Juga: Sering Terjadi, Kenapa Lapar Bisa Menyebabkan Gejala Pusing?