Macam-Macam Organiasi Pemuda Sebelum Kemerdekaan

By Thea Arnaiz, Rabu, 26 Oktober 2022 | 16:30 WIB
Para pemuda sebelum kemerdekaan membentuk organisasi kepemudaan, inilah macam-macam organisasi pemuda itu. (fauxels/pexels)

 

Bobo.id - Macam-macam organisasi pemuda sebelum kemerdekaan Indonesia ada apa saja, ya?

Organisasi pemuda banyak dibentuk karena pengaruh dari organisasi Budi Utomo, yaitu organisasi pemuda yang didirikan oleh Soetomo dan para mahasiswa School tot Opleiding van Inlandsche Artsen (STOVIA), seperti Cipto Mangunkusumo dan Soeraji.

Budi Utomo dibentuk pada 20 Mei 1908 dan menjadi wadah para mahasiswa STOVIA untuk mengembangkan pemikirannya dalam bidang sosial, ekonomi, budaya, sehingga bisa memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Lalu, apa saja macam-macam organisasi pemuda lainnya yang terpengaruh oleh Budi Utomo? Yuk, simak pembahasannya berikut. 

Organisasi Pemuda Sebelum Kemerdekaan Indonesia 

Sejak terbentuknya Budi Utomo, peran para pemuda makin aktif dan mereka mulai menyadari kalau perjuangan yang bersifat kedaerahan tidak bisa melawan penjajahan.

Oleh karena itu, para pemuda harus bersatu untuk mencapai cita-cita kemerdekaan dengan membentuk perkumpulan atau organisasi.

Inilah macam-macam organisasi pemuda sebelum kemerdekaan Indonesia, yaitu: 

1. Tri Koro Dharmo (Jong Java) 

Tri Koro Dharmo adalah organisasi yang didirikan dan diketuai oleh Dr. Satiman Wirjosandjojo pada 7 Maret 1915.

Anggota Tri Koro Dharmo terdiri dari pemuda-pemuda yang ada di Jawa yang mempunyai tiga tujuan mulai, yaitu kesaktian, kebaikan, dan kebaktian.

Melalui Tri Koro Dharmo para pemuda bisa berpartisipasi untuk meraih kemerdekaan melalui kegiatan nasionalis.

Kemudian, pada kongresnya di Solo pada 12 Juni 1918 Tri Koro Dharmo mengubah namanya menjadi Jong Java, sehingga mempererat rasa persaudaraan pemuda Jawa.

Baca Juga: 4 Makna Sumpah Pemuda bagi Pelajar Indonesia, Beserta Cara Menerapkannya