3 Jenis Kanker yang Paling Berbahaya di Dunia

By Grace Eirin, Rabu, 2 November 2022 | 16:45 WIB
Kanker paru-paru merupakan salah satu kanker paling berbahaya di dunia. (Anna Shvets/pexels)

 

Bobo.id - Penyakit kanker adalah penyebab utama kematian di seluruh dunia, selain diabetes dan penyakit kardiovaskular. 

Menurut data dari World Health Organizations, pada tahun 2020, hampir 10 juta kematian di dunia disebabkan karena penyakit kanker

Kanker adalah jenis penyakit yang dapat menyerang bagian tubuh mana pun, dan sering disebut sebagai tumor ganas atau neoplasma. 

Ciri khas penyakit kanker yaitu berkembangnya sel-sel abnormal di dalam tubuh secara pesat, dan melampaui batas sel pada umumnya. 

Banyak jenis penyakit kanker yang bisa disembuhkan asalkan dapat terdeteksi lebih dini, dan diberi pengobatan secara efektif. 

Namun, ada juga penyakit-penyakit kanker yang sulit disembuhkan dan tidak ada obatnya. Apa saja jenis kanker itu? Yuk, cari tahu!

Kanker Paling Berbahaya di Dunia

Dikutip dari Livescience, pada tahun 2020, jenis penyakit kanker yang paling banyak menyebabkan kematian ada 3, yaitu kanker paru-paru, kanker kolorektal, dan kanker hati

Rinciannya yaitu terdapat 1,8 juta kematian akibat kanker paru-paru, 935.000 kematian akibat kanker kolorektal, dan 830.000 kematian akibat kanker hati. 

1. Kanker Paru-Paru

Kanker paru-paru biasanya terjadi pada seseorang yang sering terpapar asap dari bahan-bahan kimia, dapat terjadi pada laki-laki maupun perempuan.