Jadi Sejarah Kemerdekaan Indonesia, Ini Hasil Sidang PPKI terkait Kemerdekaan

By Amirul Nisa, Selasa, 15 November 2022 | 19:00 WIB
Hasil sidang PPKI untuk mempersiapkan Indonesia sebagai sebuah negara. (Mufid Majnun/unsplash)

Bobo.id - Nama PPKI atau Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia tentu tidak akan lepas dari sejarah kemerdekaan bangsa Indonesia.

Pada materi PPKn kurikulum merdeka kelas VII SMP, teman-teman akan dijelaskan tentang hasil kerja dari PPKI dalam mempersiapkan Indonesia sebagai negara yang merdeka.

Organisasi bentukan Jepang ini dibuat untuk melanjutkan dan menjalankan tugas-tugas BPUPKI atau Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia.

BPUPKI sebelumnya dibentuk oleh Jepang sebagai bentuk janji memberikan kemerdekaan dan juga sebagai upaya menarik simpati masyarakat Indonesia.

Walau Jepang memiliki tujuan lain dari adanya BPUPKI dan PPKI, namun Indonesia tetap berhasil mendapatkan kemerdekaannya.

Sehingga hasil kerja dari BPUPKI dan PPKI sangat membantu Indonesia untuk berdiri menjadi sebuah negara.

PPKI yang dibentuk pada 14 Agustus 1945 ini memiliki tugas untuk mempersiapkan dan menyelenggarakan proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Selain itu, PPKI juga bekerja untuk membuat dasar negara hingga lembaga negara, serta beberapa hal praktis yang berkaitan dengan negara Indonesia.

Untuk menjalankan tugas-tugas itu, PPKI menyelenggarakan beberapa kali sidang dengan hasil yang penting.

Hampir semua sidang yang dilakukan PPKI terjadi setelah Indonesia menyatakan sebagai negara yang merdeka.

Karena itu, PPKI bekerja lebih cepat dalam mempersiapkan berbagai hal untuk membuat Indonesia bisa berdiri menjadi sebuah negara.

Baca Juga: Bagaimana Perbandingan Undang-Undang Dasar 1945 yang Disahkan PPKI dengan Hasil Amendemen MPR? Materi PPKn