Mengapa Indonesia Termasuk Negara yang Rawan Bencana Alam Terutama Gempa Bumi? Materi IPAS Kelas 5 SD

By Thea Arnaiz, Selasa, 15 November 2022 | 19:45 WIB
Kunci jawaban materi IPAS kelas 5 SD, Kurikulum Merdeka, ketahui apa saja yang menyebabkan Indonesia termasuk negara yang rawan gempa bumi. (freepik/brgfx)

Bobo.id - Bencana di Indonesia bisa dari berbagai macam hal. Tidak hanya bencana sosial yang menebarkan teror, tetapi juga bencana alam yang menimbulkan korban jiwa.

Selain itu, bencana alam yang sering melanda wilayah Indonesia adalah gempa bumi. Lalu, apa penyebabnya Indonesia rawan terkena gempa bumi, ya?

Pembahasan tentang Bumi akan dipelajari pada pelajaran Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) kelas 5 SD, Kurikulum Merdeka, Bab VIII: Bumiku Sayang, Bumiku Malang.

Tepatnya topik Bumi Berubah, halaman 220. Nantinya, kita akan mengerjakan soal latihan dan mencari tahu apa kunci jawabannya.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, kerjakanlah soalnya yang ada di buku. Apakah teman-teman sudah selesai mengerjakan soal-soalnya?

Kalau sudah, coba cocokkan dengan kunci jawaban di bawah ini, ya. 

Mengapa Indonesia termasuk negara yang rawan bencana alam terutama gempa bumi? 

Jawaban: 

Gempa bumi adalah fenomena bergetarnya lapisan bumi akibat pelepasan energi di dalam bumi secara tiba-tiba, hingga lapisan bumi mengalami patahan.

Energi tersebut dihasilkan dari pergerakan lempeng-lempeng tektonik yang menyebar ke segala arah dan memicu gempa bumi. 

Ciri-Ciri Gempa Bumi 

Baca Juga: Bisa Sebabkan Gempa Besar Jakarta, Di Mana Letak Sesar Baribis?