Apakah Hanya Bumi Satu-Satunya Planet yang Punya Air di Permukaannya?

By Grace Eirin, Sabtu, 19 November 2022 | 09:00 WIB
Bumi dikenal sebagai planet yang mempunyai lautan di permukaannya. (SpaceX/pexels)

Bobo.id - Teman-teman, tahukah kamu seberapa luas lautan di permukaan planet Bumi?

Lautan di permukaan Bumi dibedakan menjadi 5 samudra, yaitu Samudra Hindia, Atlantik, Pasifik, Arktik, dan Antartika. 

Samudra Hindia mempunyai luas sekitar 73,6 juta kilometer persegi. Sementara Atlantik adalah samudra terluas kedua di dunia, luasnya sekitar 82.443.000 kilometer persegi.

Kemudian, Samudra Pasifik sebagai samudra terluas di dunia, memiliki luas sekitar 165.250.000 kilometer persegi.

Samudra Arktik termasuk samudra terkecil di dunia dengan luas sekitar 14.090.000 kilometer persegi. Sedangkan luas Samudra Antarktika sekitar 20.327.000 kilometer persegi.

Dengan data tersebut diketahui bahwa daratan di Bumi kita hanya mencakup 30 persen wilayah Bumi, sementara wilayah lautannya mencapai 70 persen.

Lautan di permukaan Bumi begitu luas, kira-kira ada planet lain di Tata Surya yang punya air di permukaannya juga tidak, ya? Yuk, cari tahu!

Bumi Satu-Satunya

Dilansir dari National Oceanic and Atmospheric Administration, Bumi adalah satu-satunya planet yang diketahui memiliki badan air cair yang konsisten dan stabil di permukaannya. 

Di Tata Surya kita, Bumi mengorbit dan mengelilingi Matahari di area yang layak huni, sehingga suhu dan tekanan atmosfer membantu air tetap cair dalam jangka waktu lama. 

Namun, menurut para ilmuwan, ada juga beberapa planet yang diketahui memiliki air cair di bawah permukaannya, yaitu Saturnus Enceladus dan Jupiter Europa. 

Baca Juga: 6 Galaksi Paling Besar di Alam Semesta, Ukurannya Jauh Lebih Besar dari Bima Sakti!