Contoh News Item Text Bahasa Inggris Lengkap dengan Fitur 5W+1H

By Niken Bestari, Rabu, 23 November 2022 | 13:45 WIB
Berikut ini adalah contoh news item text bahasa Inggris dengan fitur bahasa 5W+1H secara lengkap. Apa saja contohnya? ()

Bobo.id - Salah satu jenis teks yang kita pelajari dalam pelajaran Bahasa Inggris tingkat menengah adalah news item text.

Pengertian news item text adalah jenis tulisan yang memberikan informasi aktual (sesuai fakta) tentang kejadian yang penting untuk diberitakan.

Tujuan news item text adalah untuk memberikan informasi kepada pembaca atau pendengar. Biasanya, news item text memberikan informasi yang merupakan peristiwa terbaru.

Seperti jenis teks pada umumnya, news item text juga memiliki ciri kebahasaan atau language feature.

Ciri kebahasaan dalam news item text adalah:

1. Using simple past tense

Simple past tense adalah bentuk kalimat untuk mengungkapkan suatu kejadian di masa lampau. News item text menggunakan past tenses karena ia mengabarkan berita yang sudah terjadi.

2. Using saying verbs

Umumnya, news item text menyertakan kutipan langsung dari narasumber. Contohnya adalah President said, he said, she reported, they stated, dan lainnya.

Said, reported, stated merupakan salah satu contoh saying verbs. Jadi, saying verbs adalah kata kerja yang identik terjadi pada aktivitas percakapan.

3. Using action verbs

Baca Juga: Contoh News Item Text Tentang Kesehatan Beserta Language Feature