Apa Makna dari Semboyan Negara Bhinneka Tunggal Ika? Materi PPKn

By Thea Arnaiz, Rabu, 23 November 2022 | 12:15 WIB
Kunci jawaban materi PPKn kelas 8 SMP, ketahui makna dari semboyan Bhinneka Tunggal Ika. (Badjra bagaskara/commons.wikimedia.org)

 

Bobo.id - Indonesia punya semboyan negara yang bisa teman-teman lihat di pita berwarna putih yang dicengkeram oleh burung garuda, yaitu Bhinneka Tunggal Ika.

Sejarahnya, Bhinneka Tunggal Ika diambil dari Kitab Sutasoma karya Mpu Tantular, yang bermakna "berbeda-beda tetapi tetap satu".

Hal ini sesuai dengan bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai macam kebudayaan, bahasa, adat istiadat, ras, dan bahasa yang bersatu dalam satu negara Indonesia.

Lalu apa maknanya? Sebelum mengetahui kunci jawabannya, simak pembahasan tentang pemilu dalam pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) kelas 8 SMP.

Namun, sebelumnya teman-teman bisa mencoba mengerjakan soalnya sendiri terlebih dahulu.

Apakah teman-teman sudah selesai mengerjakan soal-soalnya? Kalau sudah, coba cocokkan dengan kunci jawaban di bawah ini, ya. 

Jelaskan makna Bhinneka Tunggal Ika. 

Jawaban: 

Makna Bhinneka Tunggal Ika 

Bhinneka Tunggal Ika diambil dari kutipan Kitab Sutasoma, ‘bhinneka’ artinya berbeda-beda dan ‘tunggal’ artinya satu, serta ‘ika’ artinya itu.

Maka, arti dari Bhinneka Tunggal Ika adalah meskipun berbeda-beda, tetapi pada kebenarnya bangsa Indonesia tetap dalam kesatuan.

Baca Juga: Hubungan Makna Sila Keempat Pancasila dan Simbolnya, Materi Kelas 4 SD Tema 5