Pengertian Perusakan Lingkungan Hidup dan Penyebab Terjadinya, Materi PPKn

By Amirul Nisa, Selasa, 29 November 2022 | 09:15 WIB
Penebangan hutan secara liar merupkan salah satu bentuk ganggua nasional. (Photo by Pok Rie from Pexels)

Bobo.id - Perusakan lingkungan merupakan salah satu potensi gangguan keamanan nasional yang bisa dialami pada semua negara di dunia.

Masalah perusakan lingkungan ini bisa teman-teman pahami melalui pengajaran materi PPKn kurikulum merdeka kelas VII SMP.

Pada materi PPKn teman-teman akan dikenalkan berbagai jenis gangguan keamanan nasional yang perlu diwaspadai.

Gangguan nasional terdiri dari beberapa macam, seperti terorisme, konflik komunal, kerusuhan sosial, gangguan keamanan laut dan udara, radikalisme, gerakan separatis, kejahatan lintas negera, hingga perusakan lingkungan.

Dari semua jenis gangguan itu, kali ini kita akan mengenal lebih jauh tentang perusakan lingkungan hidup yang tentu memberikan banyak dampak pada manusia.

Seperti diketahui lingkungan alam di sekitar teman-teman merupakan tempat hidup berbagai makhluk termasuk kita sebagai manusia.

Karena itu, kondisi lingkungan alam sekitar ini mesti dijaga dengan baik.

Agar bisa menjaga dengan baik, kita kenali dulu perusakan lingkungan dan penyebabnya, sehingga bisa mengurangi sedari sekarang.

Perusakan Lingkungan Hidup

Perusakan lingkungan merupakan kerusakan yang terjadi karena penipisan atau konsumsi sumber daya yang ada di alam, seperti udara, tanah, dan air.

Karena itu, penyebab perusakan lingkungan salah satunya bisa disebabkan oleh manusia.

Baca Juga: Radikalisme: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Dampaknya, Materi PPKn