Apa Saja Karakteristik Ideologi Terbuka dan Ideologi Tertutup? Materi PPKn

By Thea Arnaiz, Sabtu, 10 Desember 2022 | 09:15 WIB
Kunci jawaban materi PPKn kelas 8 SMP, inilah perbedaan karakteristik dari ideologi terbuka dan ideologi tertutup. (freepik)

Bobo.id - Ideologi adalah gagasan, ide, cita-cita, keyakinan, atau kepercayaan. Istilah ideologi diciptakan oleh Antione Destutt de Tracy untuk mendefinisikan “sains tentang ide”.

Menurut KBBI, ideologi adalah kumpulan konsep yang bersistem dan dijadikan asas pendapat yang memberikan arah serta tujuan untuk kelangsungan hidup.

Indonesia mempunyai ideologi bangsa yaitu Pancasila yang harus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Sedangkan menurut sifatnya idelogi dibedakan menjadi dua, yaitu ideologi terbuka dan tertutup.

Apa perbedaan keduanya? Sebelum mengetahui kunci jawabannya, simak pembahasan tentang pemilu dalam pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) kelas 8 SMP.

Namun, sebelumnya teman-teman bisa mencoba mengerjakan soalnya sendiri terlebih dahulu.

Apakah teman-teman sudah selesai mengerjakan soal-soalnya? Kalau sudah, coba cocokkan dengan kunci jawaban di bawah ini, ya. 

Menurut sifatnya ideologi dibedakan menjadi dua macam, yaitu ideologi terbuka dan ideologi tertutup. Apa saja karakteristiknya masing-masing? 

Jawaban: 

Pengertian Ideologi Terbuka 

Ideologi terbuka adalah ideologi yang punya pemikiran terbuka, sehingga mampu mengikuti arus perkembangan zaman dan bersifat dinamis.

Baca Juga: Apa Saja Hak Asasi Manusia Berdasarkan Pancasila? Ini Penjelasannya