Langkah-Langkah Membuat Iklan, Lengkap dengan Unsur-Unsur Iklan

By Sarah Nafisah, Jumat, 23 Desember 2022 | 10:30 WIB
Langkah yang harus diperhatikan saat akan membuat iklan. (@id-rixels-images via Canva)

Bobo.id - Apa saja langkah-langkah membuat iklan?

Sebelum kita mencari tahu langkah-langkah membuat iklan, kita ingat-ingat terlebih dahulu apa itu iklan dan unsur-unsur iklan.

Yuk, simak!

Apa Itu Iklan?

Menurut Muhammad Jaiz dalam Buku Dasar-Dasar Periklanan (2014), iklan adalah segala bentuk pesan tentang suatu produk yang disampaikan lewat media, ditunjukan kepada sebagian atau seluruh masyarakat.

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), iklan merupakan pemberitahuan kepada khalayak mengenai barang atau jasa yang dijual, dipasang di dalam media massa (seperti surat kabar dan majalah) atau di tempat umum.

Jadi bisa disimpulkan bahwa iklan adalah suatu pesan yang tentang imbauan, barang, atau jasa yang ditunjukan pada masyarakat.

Tujuannya adalah agar masyarakat mengikuti anjuran, membeli barang, atau menggunakan jasa yang ditawarkan.

Unsur-Unsur Iklan

Berikut adalah tujuh unsur yang terdapat di dalam iklan:

1. Nama Produk.

Baca Juga: Macam-Macam Iklan Media Cetak, Materi Bahasa Indonesia

2. Slogan atau kata kunci, yaitu kata-kata yang menggambarkan isi iklan agar konsumen mudah mengingat produknya.

3. Keunggulan produk.

4. Nomor telepon, alamat, atau tempat membeli. Unsur ini harus ada untuk memudahkan konsumen.

5. Gambar yang menarik. Ini berfungsi agar konsumen yang melihat iklan tertarik untuk membeli atau menggunakan jasa.

6. Mencantumkan harga. Memudahkan konsumen untuk mengetahui berapa uang yang harus disiapkan untuk membeli.

7. Keterangan tambahan atau kalimat penjelas. Ini dibutuhkan sebagai tambahan informasi dan sifatnya sebagai pelengkap dan penjelas.

Langkah-Langkah Membuat Iklan

1. Kenali Keunggulan Produk

Pernahkah teman-teman membeli sebuah produk karena tertarik pada kelebihan yang ditawarkan?

Jika ya, berarti terbukti kalau salah satu alasan orang membeli sebuah produk yang diiklankan adalah karena adanya keunggulan tertentu.

Jadi, jika ingin membuat sebuah iklan, buatlah daftar keunggulan produkmu terlebih dahulu. Dari daftar itu, pilih satu keunggulan yang akan ditampilkan dalam iklan.

Baca Juga: Cari Jawaban Kelas 4 SD Pelajaran Bahasa Indonesia, Sebutkan Jenis-Jenis Iklan Elektronik!

2. Tentukan Konsumen Produk

Saat ingin mengenalkan sebuah produk, kita harus menggunakan  bahasa yang mudah dimengerti konsumen.

Rancang dan buatlah kalimat-kalimat iklan yang sesuai dengan konsumen yang dituju.

Misalnya, jika ingin menargetkan pada anak-anak, maka gunakanlah bahasa sederhana yang mudah dimengerti dan visual yang menarik.

3. Tentukan Unsur-Unsur dalam Iklan

Sebuah iklan minimal memiliki empat unsur, yaitu tulisan, gambar, suara, dan gerak.

Jika kalian membuat iklan cetak, iklan kalian hanya terdiri atas tulisan, gambar, atau kombinasi keduanya. Tentukan kalimat dan gambar yang akan digunakan dalam iklan kalian.

4. Tentukan Pesan yang Ingin Disampaikan

Setiap iklan mengandung sebuah pesan. Pesan bisa kita tampilkan melalui kata dan gambar.

Jadi, sebelum membuat sebuah iklan, tentukanlah terlebih dahulu pesan yang ingin kita sampaikan.

Baca Juga: Cari Jawaban Kelas 5 SD Tema 3, Contoh Iklan Layanan Masyarakat untuk Media Elektronik tentang Buah Lokal

Sumber: Buku Bahasa Indonesia untuk SMP Kelas VIII, Penulis: Maya Lestari Gusfitri dan Elly Delfia, 2021.

----

Kuis!

 Apa yang dimaksud dengan iklan?

Petunjuk: cek di halaman 1!

Lihat juga video ini, yuk!

---- 

Ingin tahu lebih banyak tentang pengetahuan seru lainnya, dongeng fantasi, cerita bergambar, cerita misteri, dan cerita lainnya? Teman-teman bisa berlangganan Majalah Bobo. 

Untuk berlangganan, teman-teman bisa mengunjungi Gridstore.id.