Cari Jawaban Kelas 4 SD Tema 6, Apa yang Dimaksud Energi Terbarukan?

By Grace Eirin, Senin, 9 Januari 2023 | 08:15 WIB
Energi terbarukan adalah sumber energi yang berasal dari sumber daya alam yang dapat diperbarui. (Anna Jiménez Calaf/Unsplash)

Bobo.id - Teman-teman, pada pelajaran kelas 4 SD semester lalu, kita telah belajar tentang sumber daya alam yang dapat diperbarui

Sebagai lanjutan dari materi tersebut, pada pelajaran tematik kelas 4 SD tema 6, kita akan belajar tentang energi terbarukan.

Dalam buku tematik terdapat pertanyaan berbunyi, apa yang dimaksud dengan energi terbarukan? 

Yuk, simak kunci jawaban pertanyaan tersebut dari penjelasan berikut ini!

Pengertian Energi Terbarukan

Dilansir dari laman kemdikbud.go.id, energi terbarukan adalah sumber energi yang berasal dari sumber daya alam yang dapat diperbarui. 

Sumber daya alam yang dapat diperbarui adalah sumber daya yang terus tersedia dan dapat diperbanyak jumlahnya, sehingga tidak dapat habis. 

Adapun contoh sumber daya alam yang dapat diperbarui antara lain, matahari, air, angin, ombak, dan panas bumi. 

Energi terbarukan juga disebut sebagai teknologi ramah lingkungan (sustainable technology/green technology), yang memperhatikan prinsip pelestarian lingkungan.

Teknologi ramah lingkungan ini bertujuan untuk menghasilkan berbagai produk dan jasa dengan memanfaatkan sumber daya alam terbarukan. 

Selain itu, energi terbarukan disebut ramah lingkungan karena dapat mengurangi kerusakan lingkungan yang ditimbulkan dari penggunaan minyak bumi yang berlebihan. 

Baca Juga: Jawab Soal dari Teks Puisi 'Tanah Airku, Tanah yang Beragam', Kelas 4 SD Tema 6