Kalimat Utama dan Gagasan Utama Teks 'Manfaat Pemenuhan Hak sebagai Warga Negara Indonesia', Kelas 6 Tema 6 Subtema 2

By Niken Bestari, Rabu, 11 Januari 2023 | 09:45 WIB
Jawaban Soal Ayo Berlatih pelajaran tematik kelas 6 tema 6 halaman 60. Kita cari kalimat utama dan gagasan utama sebuah teks, yuk! (Freepik)

Bobo.id - Pada pelajaran tematik kelas 6 tema 6 subtema 2: Membangun Masyarakat Sejahtera, kita belajar mengenai pentingnya pemenuhan hak sebagai warga negara Indonesia.

Selain pemenuhan kewajiban, pemenuhan hak warga negara juga tak kalah penting.

Menurut KBBI, hak adalah kewenangan atau kekuasaan untuk berbuat sesuatu karena telah ditentukan oleh undang-undang, aturan, dan lain sebagainya.

Pemenuhan hak selalu dilakukan setelah melakukan kewajiban. Lalu, apa saja manfaat mendapatkan hak setelah warga negara melakukan kewajibannya, ya?

Manfaat pemenuhan hak sebagai warga negara adalah membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat yang membantu membangun masyarakat sejahtera.

Sekarang, kita buka buku tematik kelas 6 tema 6 halaman 59-60, yuk!

Di sana terdapat bacaan Manfaat Pemenuhan Hak sebagai Warga Negara Indonesia.

Untuk memahaminya, kita cari kalimat utama dan gagasan utama teks tersebut, ya!

Oia, gunakan jawaban di artikel ini sebagai acuan diskusi bersama guru dan kawan yang lain juga.

Manfaat Pemenuhan Hak sebagai Warga Negara Indonesia

Setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban. Hak dan kewajiban hendaknya dilakukan secara seimbang. Artinya dalam melaksanakan hak tidak lupa juga melaksanakan kewajiban sebagai warga negara. Bahkan kewajiban hendaknya dilakukan terlebih dahulu daripada hak. Banyak manfaat yang dapat dirasakan warga negara Indonesia atas terpenuhinya hak yang dimiliki.

Baca Juga: 10 Hak Masyarakat sebagai Warga Negara Indonesia yang Sudah Terpenuhi