Menulis Konsep Pidato 'Ibu RT, Sang Pemersatu', Kelas 6 Tema 7 Subtema 1

By Niken Bestari, Minggu, 29 Januari 2023 | 18:30 WIB
Berikut jawaban konsep pidato teks 'Ibu RT, Sang Pemersatu' pelajaran tematik kelas 6 tema 7 subtema 1 halaman 8. (Freepik)

Bobo.id - Pada pelajaran tematik kelas 6 tema 7, kita akan belajar mengenai Pemimpin di Sekitarku pada subtema 1.

Banyak contoh pemimpin di sekitar kita. Salah satu contohnya adalah ayah atau ibu sebagai pemimpin keluarga, ketua RT, ketua RW, ketua kelas, kepala sekolah, dan sebagainya.

Pada pelajaran tematik kali ini, kita belajar salah satu tanda sikap kepemimpinan, yakni kepiawaian pidato.

Pidato adalah sebuah pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak untuk menyatakan selamat, menyambut kedatangan tamu, memperingati hari-hari besar tertentu, dan berbagai bentuk kegiatan lainnya.

Pemimpin yang baik umumnya dapat menyampaikan pidato yang hebat.

Nah, pada buku tematik kelas 6 tema 7 ini kita belajar contoh pidato dalam bacaan Ibu RT, Sang Pemersatu di halaman 3-4.

Kemudian di halaman 8, kita bisa mengerjakan soal untuk mencari konsep pidato dalam bacaan tersebut, ya.

Yuk, kita bahas bersama-sama!

Membaca Teks Pidato

Ibu RT, Sang Pemersatu

Kampung Sehat Melati menjadi kampung percontohan. Kampung ini sering dikunjungi masyarakat dari berbagai penjuru. Lingkungan yang bersih, warga yang sehat, dan warga yang kreatif sering diliput berbagai media untuk dijadikan panutan masyarakat. Tidak seperti lazimnya permukimanlain, warga Kampung Sehat Melati mendaulat seorang ibu sebagai ketua RT. Ia adalah Ibu Erika, seorang guru sekolah dasar yang ramah, bersahaja, dan juga berwibawa. Bagi warga, Ibu Erika adalah pengayom yang selalu dapat mereka datangi untuk mencari solusi berbagai masalah.

Baca Juga: Mencari Informasi dalam Teks 'Kemenag Banjarnegara Raih Penghargaan dari KPP Pratama Purbalingga', Kelas 6 Tema 6