6 Dampak Positif dan Negatif Mobilisasi Sosial bagi Masyarakat

By Niken Bestari, Senin, 30 Januari 2023 | 14:00 WIB
Apa dampak positif dan negatif mobilisasi sosial bagi masyarakat? Kita bahas bersama-sama dampak mobilisasi sosial, yuk! (Freepik)

Bobo.id - Mobilitas sosial adalah salah satu materi yang teman-teman dapatkan di pelajaran IPS SMP dan SMA. Mobilitas sosial muncul karena adanya dinamika masyarakat yang beragam, sehingga mengakibatkan terjadinya perubahan status sosial masyarakat.

Pengertian mobilitas sosial adalah perpindahan posisi seseorang atau sekelompok orang dari lapisan yang satu ke lapisan yang lain.

Contohnya, seseorang yang mengalami perubahan kedudukan status sosial baik dari yang lebih rendah ke yang lebih tinggi, dan sebaliknya. Hal yang mempengaruhi mobilitas sosial adalah interaksi sosial yang terjadi di antara masyarakat.

Ada dua jenis mobilitas sosial berdasarkan arah pergerakannya, yaitu mobilitas sosial vertikal dan mobilitas sosial horizontal.

Mobilitas vertikal adalah perpindahan seseorang atau kelompok dari suatu kedudukan sosial ke kedudukan sosial lain yang tidak sederajat, baik lebih tinggi maupun lebih rendah.

Sedangkan, mobilitas horizontal adalah perpindahan status sosial seseorang atau sekelompok orang dalam lapisan sosial yang sama.

Mobilitas sosial juga memiliki dampak positif dan negatif tentu menyebabkan dampak bagi masyarakat, baik positif maupun negatif. Kita pelajari di bawah ini yuk!

Dampak Positif Mobilitas Sosial

Berikut ini beberapa dampak positif terjadinya mobilitas sosial.

1. Mempercepat Perubahan Sosial

Dampak positif mobilitas sosial adalah mempercepat perubahan sosial, yang merupakan perubahan yang terjadi di masyarakat yang berpengaruh pada sistem sosial. Contoh perubahan sosial akibat adanya mobilitas sosial yang dipengaruhi globalisasi.

Baca Juga: Mengapa Status Sosial Memengaruhi Terjadinya Mobilitas Sosial?