Pihak yang Terlibat, Peran, Hak, dan Kewajiban dari Teks 'Perajin Batik Osing', Cari Jawaban Kelas 5 SD

By Fransiska Viola Gina, Sabtu, 4 Februari 2023 | 11:50 WIB
Peran, hak, dan kewajiban setiap orang yang terlibat dalam teks 'Perajin Batik Osing'. (PIXABAY/AnglesNViews)

Bobo.id - Pada materi kelas 5 SD/MI tema 6, kita akan diajak untuk membaca teks berjudul 'Perajin Batik Osing', teman-teman. 

Teks itu berisi tentang pengadaan pelatihan membatik untuk masyarakat Osing dengan menggunakan pewarna alami. 

Pelatihan ini bermanfaat untuk meningkatkan tingkat ekonomi yang berdampak pada pembangunan sosial budaya masyarakat setempat. 

Dalam teks 'Perajin Batik Osing' itu, ada banyak sekali pihak yang terlibat. Setiap pihaknya memiliki hak dan kewajiban yang harus dilakukan.

Pelatihan perajin batik osing itu bisa berjalan lancar karena semua pihak melaksanakan peran dan kewajibannya dengan rasa tanggung jawab. 

Tanggung jawab adalah sikap melaksanakan segala sesuatu yang telah disepakati bersama untuk mencapai tujuan bersama. 

Artinya, dengan mengetahui hak dan kewajiban dan melaksanakannya dengan tanggung jawab, maka tujuan bersama bisa dengan mudah tercapai. 

Untuk mengetahui lebih lengkapnya tentang kegiatan perajin batik osing dan pihak yang terlibat, kita baca terlebih dahulu teks di halaman 160-161, yuk!

Ayo Membaca!

Perajin Batik Osing

Masyarakat Osing yang tinggal di daerah pesisir ujung timur Pulau Jawa, tepatnya di Kabupaten Banyuwangi, telah lama melakukan kegiatan membatik. Kegiatan ini, umumnya dilakukan dalam skala industri rumah tangga. Setiap kelompok pembatik, bisa memiliki motif sendiri yang menjadi keunikan dari kelompok tersebut. 

Baca Juga: Tujuan Utama Diadakannya Kegiatan Pelatihan Pembatikan, Cari Jawaban Kelas 5 SD Tema 6