Jadi Danau Terbesar di Dunia, Mengapa Kaspia Disebut Laut? Ini Fakta Menariknya

By Fransiska Viola Gina, Minggu, 12 Februari 2023 | 08:58 WIB
Fakta unik Kaspia, danau terbesar di dunia. (PIXAVAY/Wikilmages)

Bobo.id - Ratusan danau terbentang di dunia, mulai dari Benua Asia sampai Amerika. Namun, manakah danau terbesar di dunia?

Sebagai informasi, danau adalah cekungan di daratan yang umumnya berbentuk lonjong dan juga berisi air. 

Biasanya, danau berisi air tawar. Meskipun ada juga sebagian danau di dunia yang juga berisi air asin seperti air di lauan.

Danau memiliki ukuran yang besar, lebih luas dan dalam dibandingkan telaga. Umumnya, kedalaman danau bisa mencapai lebih dari 6 meter.

Nah, Laut Kaspia atau Caspean Sea disebut sebagai danau terbesar di dunia. Wilayahnya berada di tengah daratan Asia Barat dan Asia Tengah.

Pada umumnya, kita mengenal istilah lautan sebagai perairan luas yang tidak tersekat wilayah daratan, namun laut lah yang mengelilingi daratan. 

Menjadi danau terbesar, kenapa Kaspia disebut sebagai laut ya? Untuk mengetahui jawabannya, simak fakta unik berikut ini, yuk!

Laut atau Danau?

Dilansir dari The Scientist, perairan dengan kedalaman maksimum 1.025 meter ini sebenarnya tetap bisa disebut sebagai danau dan laut. 

Kaspia disebut sebagai laut karena luasnya yang tidak biasa dan airnya yang memiliki rasa asin. Namun, memang tidak seasin lautan. 

Air tawar yang mengalir dari sungai itu melarutkan air dan garam di Laut Kaspia sehingga tingkat garam dari utara ke selatan danau juga berbeda.

Baca Juga: Derbent, Kota Tua Rusia yang Lebih Banyak Ditinggali Bangsa Lainnya