Kekuatan Maritim Jepara pada Masa Ratu Kalinyamat Berkuasa, Materi IPS

By Niken Bestari, Rabu, 1 Maret 2023 | 20:00 WIB
Kondisi maritim pada masa kepemimpinan Ratu Kalinyamat dari Jepara sangatlah maju. (Freepik)

Bobo.id - Pada pelajaran IPS, kita belajar keberagaman budaya Indonesia pada zaman kerajaan.

Salah satu kerajaan yang memiliki zaman keemaasan adalah Kerajaan Jepara yang saat itu memiliki kekuatan maritim yang luar biasa.

Kekuatan maritim Kerajaan Jepara dipimpin oleh Ratu Kalinyamat yang oleh Portugis dijuluki “Rainha de Japara, Senhora Poderosa e Rica de Kranige Dame” yang artinya Ratu Jepara, seorangwanita kaya dan berkuasa, wanita pemberani.

Pada halaman 221 pada buku IPS kelas VII kurikulum Merdeka, kita diminta untuk mencari dan merangkum informasi mengenai bagaimana kekuatan martitim Jepara pada masa Ratu Kalinyamat berkuasa.

Yuk, kita bahas bersama-sama!

Siapa itu Ratu Kalinyamat?

Menurut situs Good News from Indonesia, Ratu Kalinyamat adalah seorang tokoh sejarah dari Jepara, Jawa Tengah pada abad ke-16.

Nama asli sebelum ia menikah adalah Retna Kencana, namun ia lebih dikenal dengan gelar Ratu Kalinyamat.

Ia adalah istri dari Pangeran Hadiri, seorang bangsawan Jepara yang menjadi bupati di Tuban pada masa itu.

Setelah suaminya meninggal, Ratu Kalinyamat menjadi kepala pemerintahan di Jepara dan berhasil memimpin wilayahnya dengan cukup baik setelah mengalahkan Arya Penangsang yang memberontak.

Ratu Kalinyamat juga terkenal karena keberaniannya dalam melawan penjajah Belanda. Ia dikenal sebagai sosok yang cerdas, berani, dan tegas dalam mengambil keputusan.

Baca Juga: Alasan Ternate Melakukan Perlawanan terhadap Portugis, Cari Jawaban Kelas 5 SD