Hari Kebangkitan Nasional: Sejarah dan Faktor Persatuan Bangsa

By Reporter Bobo.id, Senin, 6 Maret 2023 | 18:00 WIB
Pada tanggal 20 Mei diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional (pixabay/Jihadsabila)

Bobo.id - Teman-teman, apa teman-teman tahu tentang Hari Kebangkitan Nasinal? Bagaimana sejarahnya? Kapan kita memperingatinya?

Setiap tanggal 20 Mei, kita memperingati Hari Kebangkitan Nasional.

Tentunya, hari ini merupakan hari bersejarah yang memiliki latar belakang perjuangan rakyat Indonesia

Masa kebangkitan nasional merupakan masa pemuda Indonesia yang mampu menggerakan rakyat Indonesia untuk melawan penjajahan Belanda.

Modal dasar para pemuda tersebut adalah edukasi atau pendidikan. Pendidikan mampu membuka mata pemuda dan pelajar Indonesia tentang nasionalisme.

Nasionalisme atau kesadaran nasional diartikan sebagai kesadaran keanggotaan suatu bangsa yang secara bersama-sama mencapai, mempertahankan, dan mengisi kekuatan bangsa itu.

Sejarah Hari Kebangkitan Nasional

Hari Kebangkitan Nasional yang diperingati setiap tanggal 20 Mei. Tanggal ini berkaitan dengan organisasi Budi Utomo.

Budi Utomo merupakan organisasi yang didirikan oleh dr. Soetomo bersama mahasiswa STOVIA (School tot Opleiding van Indische Artsen) menandai Hari Kebangkitan Nasional.

Organisasi Budi Utomo didirikan pada tanggal 20 Mei 1908. Dan sejak tahun ini, Bangsa Indonesia memasuki babak baru dalam sejarahnya, yaitu masa pergerakan nasional.

Masa pergerakan nasional adalah masa bangkitnya rasa semangat persatuan, kesatuan dan nasionalisme serta kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.

Baca Juga: 20 Mei Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Bagaimana Latar Belakang Peristiwanya?