Diperingati Setiap Tanggal 3 Maret, Bagaimana Sejarah Hari Satwa Liar Sedunia?

By Fransiska Viola Gina, Jumat, 3 Maret 2023 | 12:30 WIB
Sejarah Hari Satwa Liar Sedunia. (freepik)

Bobo.id - Hari Satwa Liar Sedunia atau World Wildlife Day diperingati pada tanggal 3 Maret setiap tahunnya, teman-teman.

Dilansir dari Kompas.com, Peringatan Hari Satwa Liar ini sudah dirayakan sejak 9 tahun lalu, tepatnya pada tanggal 3 Maret 2014. 

Hari Satwa Liar Sedunia merupakan hari peringatan internasional PBB untuk semua hewan dan tumbuhan liar yang ada di dunia. 

Hari Satwa Liar ini diperingati untuk menambah rasa peduli terhadap satwa liar yang ada dan lingkungan sekitarnya.

Tak hanya itu, Peringatan Hari Satwa Liar Sedunia juga bertujuan untuk meningkatkan kontribusi bagi kehidupan manusia dan kesehatan Bumi.

Namun, tahukah kamu tentang awal mula Hari Satwa Liar diperingati? Untuk mengetahuinya, simak informasi berikut ini, yuk!

Sejarah Hari Satwa Liar Sedunia

Dilansir dari laman World Wildlife Day, sejarah dicetuskannya Hari Satwa Liar Sedunia berawal pada tanggal 20 Desember 2013. 

Penetapan yang dilakukan oleh PBB dilandasi oleh usulan dari negara anggota CITES Sixteenth Conference of tthe Parties (COP16).

COP16 adalah konferensi yang diselenggarakan pada tanggal 3-14 Maret 2013 oleh Konvensi Perdagangan Internasional di Bangkok, Thailand.

Konferensi itu membicarakan fungsi penting dari Konvensi Perdagangan agar tak mengganggu habitat satwa dan tumbuhan liar.

Baca Juga: Bikin Terharu, Macan Tutul Ini Berhasil Diselamatkan dari Sumur Setinggi 21 Meter