20 Perbuatan yang Kurang Menunjukkan Sikap Bela Negara di Berbagai Bidang

By Niken Bestari, Minggu, 5 Maret 2023 | 20:00 WIB
Apa saja contoh perbuatan yang kurang menunjukkan sikap bela negara di bidang hukum, ekonomi, pendidikan, sosial budaya, dan pertahanan keamanan? (Freepik)

Bobo.id - Pada pelajaran PPKn kelas 10, kita belajar mengenai pentingnya menjaga integrasi NKRI untuk memelihara keutuhan dan kebhinnekaan bangsa Indonesia. Salah satu caranya adalah melakukan sikap bela negara.

Dilansir dari Kompas.com, sikap bela negara adalah kesediaan dan komitmen seseorang untuk mempertahankan dan memajukan kepentingan negara dan bangsa, serta memenuhi kewajiban dan tanggung jawab sebagai warga negara yang baik.

Sikap bela negara mencakup nilai-nilai seperti patriotisme, solidaritas, kesetiaan, kejujuran, tanggung jawab, dan kerja sama.

Sikap bela negara dapat ditunjukkan dalam berbagai bentuk tindakan, seperti:

- mengikuti program wajib militer atau wajib belajar.

- mematuhi peraturan dan undang-undang negara.

- membayar pajak dengan tepat.

- turut serta dalam kegiatan sosial atau kemanusiaan yang berguna bagi masyarakat dan negara.

Sikap bela negara sangat penting bagi keutuhan bangsa ini, sehingga perbuatan yang kurang menunjukkan sikap bela negara harus dihindari.

Ada beberapa contoh sikap yang kurang menunjukkan sikap bela negara di berbagai bidang, meliputi bidang hukum, ekonomi, pendidikan, sosial budaya, dan pertahanan keamanan.

Baca Juga: 4 Contoh Pengaruh Positif Kemajuan IPTEK bagi Upaya Bela Negara

Contoh Perbuatan yang Kurang Menunjukkan Sikap Bela Negara