Macam-Macam Seni Rupa Daerah Indonesia dan Contohnya, Materi Kelas 5 SD Tema 7

By Fransiska Viola Gina, Selasa, 7 Maret 2023 | 09:00 WIB
Macam-macam seni rupa daerah Indonesia dan contohnya. (PIXABAY/Pexels)

Bobo.id - Pada materi kelas 5 SD tema 7, kita akan belajar bersama tentang macam-macam seni rupa daerah Indonesia.

Seni rupa daerah adalah seni rupa yang terdapat di berbagai daerah Indonesia. Seni rupa daerah bisa juga disebut seni rupa tradisional. 

Hal ini karena seni rupa dikerjakan secara turun-temurun di suatu daerah. Seni rupa daerah dapat berupa seni kerajinan, seni lukis, dan seni patung.

Seni kerajinan sendiri meliputi seni tekstil (batik, tenun, dan songket), seni anyam, seni ukir, hingga seni keramik, teman-teman. 

Hasil karya seni tekstil dan seni lukis berbentuk dua dimensi. Artinya, karya seni itu memiliki ukuran panjang dan lebar. 

Sementara itu, hasil karya seni anyam, seni keramik, dan seni patung berbentuk tiga dimensi, yakni memiliki ukuran panjang, lebar, dan tinggi. 

Nah, kali ini Bobo akan mengajak teman-teman untuk mengenal macam-macam seni rupa daerah Indonesia dan contohnya. Simak, yuk!

1. Seni Lukis Daerah

Seni lukis adalah seni yang menggambarkan objek berupa pemandangan alam, tumbuhan, binatang, manusia, hingga benda-benda di alam.

Seni lukis daerah mengandung nilai-nilai budaya yang berkembang di suatu daerah. Disusun sedemikian rupa hingga menciptakan keindahan. 

Salah satu seni lukis daerah yang terkenal adalah seni lukis Kamasan dari Bali. Di sana, sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai pelukis. 

Baca Juga: 3 Jenis Seni Rupa Tiga Dimensi Beserta Contohnya di Sekitar Kita