8 Peran Indonesia dalam Keikutsertaan Mewujudkan Perdamaian Dunia

By Grace Eirin, Sabtu, 11 Maret 2023 | 18:00 WIB
Indonesia ikut serta dalam mewujudkan perdamaian dunia dengan cara berikut. (Freepik)

Bobo.id - Apa saja peran Indonesia dalam politik bebas aktif untuk upaya perdamaian dunia?

Sebagai pengingat, politik bebas aktif berarti bangsa Indonesia bebas menentukan dengan negara mana akan bekerja sama sekaligus aktif dalam perdamaian dunia. 

Salah satu tujuan negara Indonesia yang tercantum dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 adalah ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.

Artinya, Indonesia memiliki tujuan untuk turut serta dalam upaya perdamaian dunia melalui hubungan internasional dan partisipasi di dalam organisasi internasional.

Dalam mewujudkan tujuan tersebut, Indonesia ikut berpartisipasi dalam beberapa organisasi internasional. 

Nah, kali ini Bobo akan mengajak teman-teman mencari tahu apa saja peran Indonesia dalam keikutsertaan mewujudkan perdamaian dunia. Yuk, simak!

1. Mengikuti PBB

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang didirikan di San Francisco, Amerika Serikat pada 24 Oktober 1945 memiliki 192 anggota, termasuk Indonesia. 

Indonesia resmi menjadi anggota PBB ke-60 sejak tanggal 28 September 1950, setahun setelah pengakuan kedaulatan oleh Belanda, pada Konferensi Meja Bundar. 

Sejak turut serta dalam PBB, Indonesia telah berhasil mengupayakan solusi membebaskan Irian Jaya dari Belanda. 

Indonesia juga telah terdaftar dalam beberapa lembaga di bawah naungan PBB, yaitu Dewan Ekonomi dan Sosial (ECOSOC), Organisasi Buruh Internasional (ILO), dan Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO). 

Baca Juga: Contoh Kegiatan yang Menunjukan Setiap Nilai Penting dari Kerja Sama dan Gotong Royong, Materi PPKn