20 Link Twibbon Hari Raya Nyepi, Beserta Tradisi yang Dilakukan

By Grace Eirin, Selasa, 21 Maret 2023 | 17:45 WIB
Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1945 diperingati 22 Maret 2023. (Danang DKW/pexels)

Bobo.id - Hari Raya Nyepi akan diperingati pada besok Rabu, 22 Maret 2023. 

Umat Hindu memperingati Hari Raya Nyepi sebagai rangkaian upacara peringatan menjelang Tahun Baru Saka 1945

Nyepi juga mempunyai makna, umat Hindu memohon kepada Tuhan untuk melakukan penyucian Buana Alit (manusia) dan Buana Agung (alam dan seluruh isinya). 

Pada saat memperingati Hari Raya Nyepi, umat Hindu tidak boleh melakukan aktivitas, tidak keluar dari rumah, tidak bekerja, bahkan tidak menyalakan lampu. 

Hari Raya Nyepi harus dijalani dengan suasana sepi, dengan tujuan agar terjauh dari hiruk pikuk keserakahan sifat manusia. 

Ada empat larangan yang harus dihindari saat menjalani Nyepi, yaitu amati geni (tidak menyalakan api), amati karya (tidak bekerja), amati lelungan (tidak bepergian), serta amati lelanguan (tidak bersenang-senang). 

Oleh karena itu, berdasarkan Keppres No. 3 Tahun 1983, Presiden Soeharto menetapkan Hari Raya Nyepi sebagai hari libur nasional. 

Dengan menjadikan Hari Raya Nyepi sebagai hari libur nasional, umat Hindu dapat memperingati Hari Raya Nyepi dengan khusyuk dan tenang. 

Dalam rangka memperingati Hari Raya Nyepi, teman-teman juga dapat ikut mengirim ucapan dengan memasang twibbon di media sosial. 

Twibbon Hari Raya Nyepi

Berikut ini beberapa link twibbon Hari Raya Nyepi 2023 yang bisa teman-teman gunakan. 

1. Link twibbon Hari Raya Nyepi 2023

Baca Juga: Sejarah Nyepi, Hari Raya Umat Hindu Merayakan Tahun Baru Saka