Ada Lubang Hitam Raksasa yang Berubah Arah Mengarah ke Bumi, Berbahayakah?

By Fransiska Viola Gina, Rabu, 29 Maret 2023 | 17:00 WIB
Lubang hitam berubah arah menuju Bumi, berbahayakah? (PIXABAY/geralt)

Bobo.id - Walaupun terlihat hitam dan kosong, faktanya langit menyimpan banyak benda yang hingga kini masih jadi misteri. 

Salah satu objek yang dianggap aneh dan menakutkan adalah lubang hitam atau blackhole yang punya daya tarik gravitasi begitu kuat.

Daya tarik gravitasinya yang kuat membuat cahaya tidak bisa keluar dari tarikannya. Kita pun tidak bisa melihat lubang hitam itu.

Dilansir dari NASA, lubang hitam bisa berukuran besar atau kecil. Menurut para ilmuwan, lubang hitam terkecil hanya sebesar satu atom. 

Walaupun lubang hitam itu sangat kecil, namun ternyata memiliki massa atau materi sebesar gunung raksasa, lo. 

Lubang hitam lainnya ada yang dijuluki sebagai "bintang". Massanya bisa mencapai 30 kali lebih besar dari massa matahari.

Lalu, dari mana asal lubang hitam itu?

Lubang hitam pertama kali diperkirakan keberadaannya oleh Albert Einstein pada tahun 1916 melalui sebuah teori relativitas umum.

Namun nama lubang hitam atau black hole baru muncul dari seorang astronom dari Amerika yaitu John Wheeler pada tahun 1967.

Setelah banyak pengamatan, diketahui lubang hitam memiliki daya tarik yang sangat kuat sehingga cahaya pun tidak bisa keluar.

Lubang hitam pun hingga kini masih terus diamati, hingga para peneliti mulai mengetahui asal dan perkiraan ukurannya.

Baca Juga: Lubang Hitam Terdekat dengan Bumi Ditemukan! Ini Dia Keistimewaannya