Ciri-Ciri Kenampakan Alam Wilayah Perairan, Cari Jawaban Kelas 5 SD

By Fransiska Viola Gina, Jumat, 28 April 2023 | 07:15 WIB
Ciri-ciri kenampakan alam wilayah perairan. (freepik/superstar)

Bobo.id - Pada materi kleas 5 SD tema 9 subtema 1, kita akan belajar bersama serba-serbi tentang kenampakan alam.

Kenampakan alam merupakan hamparan bentang alam yang memiliki bentuk yang beragam atau berbeda di setiap wilayahnya.

Kenampakan alam sering disebut dengan istilah bentang alam. Nah, negara kita Indonesia memiliki bentang alam yang berbeda-beda.

Ada daerah dataran tinggi dan ada daerah dataran rendah. Ada yang tinggal di pegunungan, ada juga yang tinggal di pantai.

Kenampakan alam sendiri dibagi menjadi dua bagian, yakni kenampakan alam wilayah daratan dan kenampakan alam wilayah perairan.

Nah, pada buku tematik halaman 29, kita diminta untuk menuliskan ciri-ciri kenampakan alam wilayah daratan dan wilayah perairan.

Apakah teman-teman sudah menemukan jawabannya? Nah, berikut ini Bobo berikat alternatif jawabannya. Simak informasi berikut ini, yuk!

Kenampakan Alam Wilayah Perairan

Tahukah teman-teman? Ternyata kenampakan alam wilayah perairan alam mendominasi permukaan bumi, lo.

Kenampakan alam wilayah perairan adalah kumpulan air pada wilayah tertentu, baik air yang bergerak atau mengalir dan air yang tergenang.

Yang termasuk kenampakan alam wilayah perairan antara lain sungai, laut, rawa, danau, teluk, dan selat. Berikut ciri-cirinya:

1. Sungai

Sungai adalah badan air yang mengalir dari sumber air ke muara. Aliran ini tak pernah berhenti dan bergerak ke arah lebih rendah.

Baca Juga: Apa yang Dimaksud dengan Kenampakan Alam? Ini Penjelasan dan Macam-macamnya