Sering Terjadi Saat Musim Kemarau, Apa Itu Fenomena Embun Es di Pegunungan?

By Fransiska Viola Gina, Sabtu, 29 April 2023 | 09:00 WIB
Fenomena alam embun es di musim kemarau. (PIXABAY/Rollstein)

Bobo.id - Setelah beberapa bulan wilayah Indonesia mengalami musim hujan, sebentar lagi akan memasuki musim kemarau.

Musim kemarau memang ditandai dengan sinar Matahari yang terik di siang hari, cuaca menjadi panas dan gerah karena tak ada hujan.

Meski begitu, di beberapa wilayah, musim kemarau jutsru membuat cuaca jadi dingin dengan skala ekstrem di malam dan pagi hari.

Dilansir dari Kompas.com, pada saat puncak kemarau memang umumnya suhu udara lebih dingin dan permukaan bumi lebih kering.

Pada kondisi ini, panas Matahari akan lebih banyak terbuang dan hilang ke angkasa. Inilah yang menyebabkan suhunya lebih dingin.

Saking dinginnya, ada beberapa wilayah seperti di Dataran Tinggi Dieng yang mengalami fenomena embun es.

Fenomena ini termasuk jarang terjadi, mengingat Indonesia adalah negara tropis di garis khatulistiwa. Lalu, apa penyebabnya?

Penyebab Terbentuknya Embun Es

Dilansir dari National Geographic, fenomena embun es ini terjadi ketika suatu tempat mengalami penurunan suhu secara drastis.

Sebagai informasi, suhu udara di sebagian besar wilayah Indonesia ini biasanya menyentuh angka 20 derajat celcius atau lebih.

Di tempat-tempat yang cukup dingin seperti dataran tinggi, suhu udara biasanya hanya berkisar antara 10-20 derajat celcius.

Baca Juga: Baru Tahu, Ternyata Ini Penyebab Fenomena Embun Es di Dieng Setiap Tahun!