Bisa Ditemukan di Sudut Rumah, Bagaimana Laba-Laba Membentuk Jaringnya?

By Fransiska Viola Gina, Minggu, 7 Mei 2023 | 10:30 WIB
Cara laba-laba membentuk jaringnya. (PIXABAY/kareni)

Bobo.id - Umumnya, di sudut-sudut bangunan atau pohon yang sudah lama tak dibersihkan, akan ada laba-laba dan jaringnya di sana.

Yap, laba-laba memang bisa tinggal di mana saja karena ia membentuk jaring-jaringnya sendiri. Bagaimana bisa, Bo?

Hewan ini ternyata memiliki tubuh yang digunakan secara khusus untuk membuat jaring-jaringnya. Namanya adalah spineret.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, spineret adalah pemintal benang berupa pembuluh berujung runcing pada ujung abdomen laba-laba.

Laba-laba bisa membuat jaring-jaringnya dengan berbagai ukuran. Mulai dari ukuran kecil, besar, bahkan bisa juga dibuat ukuran raksasa.

Uniknya, jaring-jaring itu bersifat elektrostatisk. Artinya, jaring ini bisa menarik semua partikel bermuatan yang ada di udara.

Jaring laba-laba yang berbentuk seperti benang sutra itu ternyata disebut lebih kuat dari baja dan mampu diregangkan. Keren, ya!

Hmm, lalu bagaimana cara laba-laba bisa menghasilkan jaring yang mengelilingi tubuhnya? Simak informasi berikut ini, yuk!

Cara Laba-Laba Membuat Jaringnya

Jaring laba-laba bisa saja ditemukan di sekitar rumah, di bawah meja, maupun bagian tersembunyi yang jarang dibersihkan.

Jaringnya tak pernah terlihat, namun tiba-tiba jaring itu ada di sana. Hal ini tentu membuat penasaran bagaimana caranya.

Baca Juga: 6 Fakta Unik Tarantula, Laba-Laba Beracun yang Miliki Usia Panjang