Mengenal Kursi Penobatan Kerajaan Inggris, Sudah Ada Sejak 700 Tahun Lalu

By Fransiska Viola Gina, Minggu, 7 Mei 2023 | 16:30 WIB
Sejarah kursi penobatan Kerajaan Inggris. (Wikimedia Commons/Sydney Wilmot)

Bobo.id - Inggris memang merupakan sebuah negara yang dikenal dengan sejarahnya, termasuk dengan adanya Kerajaan Inggris.

Masuk dalam sejarah, Sabtu (6/5) lalu, Charles III resmi dinobatkan sebagai raja Inggris tertua dengan usianya sekarang, yakni 74 tahun.

Penobatan Charles III menjadi seorang raja dihadiri para tamu undangan dan disaksikan oleh masyarakat di seluruh penjuru negeri.

Raja Charles III menggantikan ibunya, Ratu Elizabeth yang telah meninggal dunia pada September tahun lalu, teman-teman.

Banyak sekali hal menarik dari penobatan Raja Charles III kemarin, salah satunya kursi penobatan atau coronation chair.

Bukan kursi biasa, kursi itu memiliki sejarah yang panjang, lo. Saat ini, kursi penobatan itu sudah berusia 700 tahun. Tua sekali, bukan?

Sejarah Kursi Penobatan

Kursi penobatan yang sering digunakan di Kerajaan Inggris lebih dikenal sebagai Kursi Mahkota atau Kursi Edward I.

Kursi ini merupakan bagian penting dan bagian sejarah dari mahkota kerajaan Inggris yang sudah ada selama berabad-abad, lo.

Kursi ini sudah menjadi saksi bisu dari penobatan para raja dan ratu Inggris sejak abad ke-14 dan masih tetap digunakan hingga saat ini.

Kursi penobatan ini pertama kali dibuat pada tahun 1309 oleh Raja Edward I dari Inggris yang juga dikenal sebagai "Edward sang pemahat".

Kursi ini dibuat dari kayu yang kuat dan diukir dengan sangat indah. Kursi ini memiliki tinggi sekitar 1,5 meter dan lebar 2,5 meter.

Baca Juga: 7 Fakta Penobatan Raja Charles III, Ternyata Mahkotanya dari Tahun 1661