Baru Berusia 11 Tahun, Bhre Bhawana Jadi Salah Satu Finalis Termuda di Ashoka Young Changemaker 2023

By Heni Widiastuti, Selasa, 9 Mei 2023 | 11:50 WIB
Ashoka Young Changemaker 2023 memilih 14 finalis dari 9 provinsi di Indonesia pada Kamis (4/5/23). (Dok by Heni Widiastuti (Bobo.id))

Bobo.id - Pada Kamis (4/5/23) di Bentara Budaya Jakarta, diadakan sebuah acara luar biasa bagi generasi anak muda, yaitu Ashoka Young Changemaker 2023.

Organisasi ini memilih 14 finalis anak usia muda 11 sampai 19 tahun yang berasal dari 9 provinsi di Indonesia.

Para generasi muda ini masing-masing menggerakkan perubahan dengan dampak yang sangat beragam.

Salah satunya Bhre Bhawana Praja Kamula, anak berusia 11 tahun yang berasal dari Surabaya dan menjadi satu-satunya termuda dalam daftar ke-14 finalis tersebut.

Bhre menciptakan masyarakat bebas sampah dengan cara mendaur ulang puntung rokok hingga menjadi kerajinan tangan.

Berawal dari Keresahannya saat Bermain Bola

Yap, hal tersebut berawal dari Bhre yang bermain sepak bola bersama di lapangan, tapi ia resah dengan puntung rokok yang banyak berceceran.

“Dari tahun lalu, saya pernah ikut lomba kegiatan lingkungan dan kita harus mengambil salah satu proyek tentang lingkungan. Saya ikut dan saat saya main ada banyak sampah puntung rokok yang terlihat," ucap Bhre.

Setelah mengadakan riset bersama ayahnya, Bhre sadar bahwa puntung rokok adalah salah satu sumber limbah plastik terbesar yang berisiko tinggi untuk kesehatan serta lingkungan.

Oleh karena itulah, Bhre kemudian mengajak teman-temannya untuk membersihkan lapangan bola dengan mengumpulkan puntung rokok.

Mereka melakukan sosialisasi di sekolah-sekolah tentang bahaya membuang sampah sembarangan.

Baca Juga: 15 Upaya Menjaga Persatuan dan Kesatuan Bangsa yang Dilakukan Generasi Muda