10 Contoh Ancaman terhadap Integrasi Nasional di Kehidupan Sosial, Materi Kelas X

By Grace Eirin, Kamis, 11 Mei 2023 | 11:30 WIB
Contoh ancaman terhadap integrasi nasional di kehidupan sosial masyarakat. (freepik/macrovector)

Bobo.id - Integrasi nasional adalah proses penyatuan berbagai perbedaan yang ada pada masyarakat, sehingga menjadi selaras dalam sebuah bangsa. 

Di negara Indonesia, integrasi nasional berperan sangat penting untuk menjaga keutuhan negara. 

Sebab, ada beragam perbedaan di Indonesia, seperti perbedaan daerah asal, suku, ras, agama, budaya, pendapat, dan latar belakang setiap penduduknya. 

Integrasi nasional dapat terwujud dan terjaga jika setiap warga masyarakat Indonesia menyadari pentingnya memperkuat rasa persatuan, solidaritas, kebanggaan sebagai warga negara yang punya tujuan yang sama untuk mencapai kemajuan Indonesia. 

Namun, dalam praktiknya di kehidupan sosial masyarakat, terdapat beberapa ancaman terhadap integrasi nasional yang harus dicegah. 

Sebab, ancaman terhadap integrasi nasional ini juga bisa memicu beragam masalah sosial dan meruntuhkan persatuan Indonesia. 

Pada pelajaran PPKn kelas X, teman-teman diminta untuk menyebutkan contoh ancaman terhadap integrasi nasional di kehidupan sosial. 

Yuk, temukan kunci jawaban lengkapnya dari artikel di bawah ini!

Contoh Ancaman terhadap Integrasi Nasional di Kehidupan Sosial

1. Diskriminasi 

Diskriminasi adalah pembedaan perlakuan terhadap sesama warga negara karena alasan perbedaan golongan, suku, ekonomi, agama, warna kulit, dan sebagainya. 

Di dalam kehidupan bersosialisasi, kita tentu saja akan menemukan banyaknya perbedaan dengan orang lain. 

Tanpa adanya kesadaran untuk bertoleransi, perbedaan ini justru bisa memicu sikap diskriminasi yang dilakukan kelompok masyarakat satu ke kelompok lainnya. 

Baca Juga: 5 Contoh Ancaman Integrasi Nasional di Bidang Ideologi, Materi PPKn