Sering Bergerak Saat Tidur, Apakah Hewan Bisa Bermimpi Seperti Manusia?

By Fransiska Viola Gina, Kamis, 18 Mei 2023 | 19:00 WIB
Mengetahui apakah hewan bisa bermimpi atau tidak. (PIXABAY/Mylene2401)

Bobo.id - Ketika kita sedang tidur, tidak jarang kita bermimpi tentang suatu peristiwa. Apakah teman-teman sering bermimpi?

Yap, mimpi adalah pengalaman yang sering terjadi pada manusia saat tidur, melibatkan perasaan, citra, dan sensasi yang tak masuk akal.

Mimpi terjadi selama kita memasuki fase tidur REM atau Rapid Eye Movement, yang biasa terjadi beberapa kali dalam satu malam.

Selama tahap Rapid Eye Movement ini, meskipun tubuh kita terlihat tidur dan beristirahat, sebenarnya otak kita tetap aktif, lo.

Ini terbukti dari gerakan mata yang cepat, pernapasan yang tidak teratur, dan aktivitas otak yang mirip dengan saat kita terjaga.

Hal serupa juga kerap terjadi pada hewan, mereka sering terlihat bergerak saat sedang tidur. Apakah mereka juga mengalami mimpi, ya?

Nah, kali ini Bobo akan mengajakmu untuk mencari tahu apakah hewan bermimpi seperti manusia atau tidak. Simak informasinya, yuk!

Proses Mimpi pada Manusia

Sebelumnya, ada baiknya kita mengetahui proses terjadinya pengalaman mimpi pada manusia terlebih dahulu, teman-teman.

Mimpi terjadi ketika otak memproses informasi yang diterima selama periode terjaga dan menggabungkannya dengan ingatan memori.

Hal ini memungkinkan otak untuk menghasilkan gambaran, suara, dan sensasi lainnya yang dirasakan sebagai pengalaman mimpi.

Baca Juga: Mengapa Kita Sering Tidak Bisa Mengingat Mimpi setelah Bangun Tidur?