10 Ciri Utama Cerita Pendek sebagai Karya Fiksi, Materi Kelas 4 SD

By Grace Eirin, Jumat, 19 Mei 2023 | 09:00 WIB
Ciri-ciri utama dari cerita pendek. (Foto oleh Yan Krukov dari Pexels)

Bobo.id - Pada pelajaran kelas 4 SD tema 8, teman-teman telah mengenal beragam karya fiksi, salah satunya cerita pendek. 

Sebagai pengingat, karya fiksi adalah karya tulis, karangan, atau cerita yang dibuat oleh pengarang berdasarkan khayalan atau dunia rekaan pengarang, bukan kenyataan. 

Cerpen atau cerita pendek termasuk ke dalam karya fiksi karena memiliki ciri-ciri yang sesuai dengan ciri khas karya fiksi. 

Karya fiksi dibuat oleh pengarang untuk menghibur atau menceritakan peristiwa yang dibuat oleh pengarang. 

Oleh karena itu, jenis-jenis cerita yang termasuk ke dalam karya fiksi biasanya mengunggulkan kesan atau perasaan setelah membacanya. 

Pada pelajaran kelas 4 SD tema 8, teman-teman akan belajar untuk menyebutkan ciri utama cerita pendek.

Yuk, temukan kunci jawaban pertanyaan tersebut dari penjelasan berikut ini!

Pengertian Cerita Pendek

Dilansir dari laman Kemdikbud, cerita pendek (cerpen) adalah cerita yang bersifat fiksi dan mengangkat suatu masalah tunggal. 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, cerpen adalah kisahan pendek (kurang dari 10.000 kata) yang memberikan kesan tunggal yang dominan dengan satu tokoh sebagai pusat. 

Jadi, yang perbedaan utama cerpen dengan cerita jenis lainnya adalah jumlah kata atau panjang cerita dan masalah yang dibahas di dalamnya. 

Karya fiksi jenis lain tidak dibatasi jumlah katanya, misalnya novel yang panjang dan tidak bisa dibaca habis dalam sekali duduk. 

Baca Juga: Contoh Kewajiban Manusia terhadap Hutan, Materi Kelas 4 SD Tema 9