Perjusa SD Pangudi Luhur Jakarta Latih Sikap Mandiri dan Rasa Tanggung Jawab Siswa-Siswi

By Grace Eirin, Jumat, 19 Mei 2023 | 15:30 WIB
SD Pangudi Luhur Jakarta laksanakan kegiatan Perjusa (Perkemahan Jumat Sabtu). (Dok. Bobo.id)

Bobo.idSD Pangudi Luhur Jakarta kembali melaksanakan kegiatan Perjusa. 

Perjusa merupakan kegiatan Perkemahan Jumat Sabtu, yang dilaksanakan pada Hari Jumat (12/5/2023) sampai Sabtu (13/5/2023) di Gadog Boemi Kaliandra, Bogor.

Kegiatan perkemahan ini sebenarnya telah dilaksanakan rutin setiap tahun di SD Pangudi Luhur Jakarta.

Namun, sempat tidak diadakan pada tahun lalu karena adanya pandemi COVID–19.

Selama pandemi, semua kegiatan belajar mengajar dilakukan secara online atau daring, sehingga kegiatan perkemahan tidak diadakan. 

Kegiatan Perjusa diikuti semua murid kelas 5 (tingkat penggalang) sebanyak 109 siswa siswi, beserta 12 orang guru pembina sebagai pendamping selama kegiatan berlangsung.

Bapak Caisar Alvin Adi Nugroho selaku ketua panitia dari kegiatan Perjusa SD Pangudi Luhur tahun 2023 menyampaikan tujuan pelaksanaan Perjusa. 

Beliau mengatakan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat melatih kemandirian, kedisiplinan, dan tanggung jawab siswa siswi SD Pangudi Luhur Jakarta, serta dapat menghargai lingkungan dan alam sekitar.

Peserta didik dan guru pembina yang mengikuti acara selama dua hari ini menikmati dengan penuh semangat dan antusias yang sangat baik.

Selain itu, mengutip pidato pembukaan yang disampaikan oleh pihak sekolah, Bruder Andrias Purwanto, selaku kepala sekolah SD Pangudi Luhur Jakarta juga menyampaikan pendapatnya. 

Bruder Andrias mengatakan melalui kegiatan Perjusa ini, siswa dan siswi SD Pangudi Luhur diajarkan untuk selalu bersyukur kepada Tuhan atas alam dan ciptaan-Nya, serta dapat kembali berinteraksi sosial dengan sesama setelah kondisi pandemi COVID-19.

Baca Juga: Cari Jawaban Kelas 4 SD Tema 5, Contoh Sikap Bertanggung Jawab terhadap Alam